Kalah dari Yordania di FIBA World Cup 2022, Tipis Peluang Indonesia Lolos ke FIBA Word Cup 2023

Jakarta, Gpriority.co.id – Tim Basket Indonesia menderita kekalahan pertamanya di Grup A FIBA Asia Cup 2022 dari Yordania pada Kamis (14/7) di Istora Senayan, Jakarta. Dengan kekalahan ini, peluang Indonesia untuk lolos ke FIBA Wolrd Cup 2023 menjadi tipis.

Dalam laga keduanya, Timnas Basket Indonesia berhasil dikalahkan oleh Yordania dengan skor akhir 65-74. Pada kesempatan ini Indonesia langsung menurunkan pemain andalannya seperti Derrick Michael Xzavierro, pemain naturalisasi Marques Bolden, Brandon Jawato, Andakara Prastawa, dan Abraham Damar Grahita Duel sengit terjadi sepanjang kuarter pertama. Sayangnya, dalam kuarter pertama, Yordania memimpin 17-15.

Pada kuarter kedua, Yordania kembali memimpin dengan skor 39-38. Sementara di kuarter ketiga, Yordania menutupnya dengan skor 48-57. Adapun di kuarter keempat Indonesia lebih menguasai jalannya permainan dan berusaha keras mengejar ketertinggalan. Sayangnya selalu kandas dalam finishing. Kuarter terakhir ini ditutup Yordania dengan skor 65-74. Hasil ini membuat Indonesia dan Yordania sama-sama mengemas tiga poin di Grup A dari satu kemenangan dan satu kekalahan.

Dengan kekalahan ini, Indonesia tentu gagal revans kepada Yordania. Sebelumnya dalam kualifikasi FIBA World Cup 2023, Indonesia dikalahkan Yordania dengan skor 64-94 pada 27 Februari 2022. Kemudian pada 4 Juli di ajang yang sama, Timnas Basket Indonesia juga dikalahkan Yordania dengan skor 52-77.

Disaat yang sama posisi Indonesia turun dua tingkat di klasemen FIBA Asia Cup 2022 Grup A. Indonesia saat ini telah mengumpulkan satu kemenangan dan satu kekalahan di Grup A, seperti halnya dengan Yordania. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Australia, yang telah mengumpulkan dua kemenangan. Australia merupakan Juara Bertahan FIBA Asia yang saat ini bercokol di klasemen pertama grup A. Sejauh ini, negeri Kangguru telah mengoleksi empat poin berkat dua kemenangan.
Seperti diketahui pada ajang FIBA Asia Cup 2022, juara grup akan lolos langsung ke perempat final sekaligus meraih tiket otomatis ke FIBA World Cup 2023. Dengan hasil akhir Indonesia melawan Yordania tentu jalan menuju Piala Dunia (FIBA World Cup) semakin sulit walau dapat dikatakan belum tertutup.
Pasalnya untuk peringkat kedua dan ketiga setiap grup akan lanjut ke fase kualifikasi kedua atau playoff memperebutkan tiket perempat final. Di atas kertas, tim Merah Putih paling memungkinkan finis peringkat ketiga. Kalau situasi buruk itu terjadi, maka Indonesia akan melawan tim runner-up Grup B di playoff perempat final. Adapun lawan yang berpeluang besar dihadapi Timnas Basket yakni tim tersukses di Piala Asia, China yang telah meraih 16 trofi juara. (PS)

Related posts