Kamu Suka Menulis? Ini 9 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu

Dengan menulis kita bisa menyampaikan apa saja yang ada di dalam pikiran. Bagusnya lagi, apa yang kita sampaikan dapat menginspirasi. Menjadi penulis berarti juga harus dapat menyampaikan pesan dengan baik dan tulisannya mudah dimengerti oleh pembaca. Oleh karena itu bakat menulis kamu perlu terus diasah.

Menjadi penulis, juga dapat menjadi sumber penghasilan lho…Jadi jangan didiamkan saja dan mulai mencari pekerjaan yang sekiranya cocok dengan bakat menulis kamu!

1.Jurnalis
Jurnalis atau disebut juga wartawan merupakan sebutan untuk seseorang yang mencari, mengolah, memilah, menulis, menyunting berita dan menyebarkan ke publik lewat media massa. Kamu juga bisa datang ke tempat kejadian dan mewawancarai berbagai narasumber. Untuk menjadi jurnalis, kamu harus mempunyai kemampuan public speaking, berani tampil di depan umum dan juga harus selalu up-to-date dengan berita terkini.

2.Ghostwriter
Menjadi seorang Ghostwriter, berarti kamu penulis yang membuka jasa menulis buku, cerita, artikel atau tulisan lainnya dan namamu tidak akan dicantumkan. Ghostwriter menulis sesuai dengan ide gagasan dari klien. Singkatnya, kita dibayar dengan menulis untuk keperluan orang lain. Kemampuan yang dibutuhkan di antaranya fleksibel, cepat dan tentu dapat merangkai kata agar tulisannya menarik.

3.Novelis
Untuk kamu yang mempunyai khayalan tinggi seperti J.K. Rowling, bisa banget menjadi Novelis! Berbeda dengan Ghostwriter, dengan menjadi novelis namamu dicantumkan dan karyamu diakui publik. Kamu bisa menulis cerita dengan menuangkan ide-ide khayalanmu dan mengirimkannya ke penerbit dan jika penerbit tertarik dengan cerita yang kamu buat, novelmu akan dicetak dan juga dipublikasikan.

4.Copywriter
Copywriter berhubungan dengan bidang komersial, di mana kita mempromosikan dan membuat orang-orang membeli produk yang diiklankan dengan menyajikan konten kreatif seperti slogan. Pekerjaan ini berhubungan dengan industri periklanan dan tentunya kamu harus mempunyai pengalaman dan kreativitas tinggi.

5.Editor
Editor juga disebut penyunting merupakan orang yang melakukan perbaikan dalam naskah dan membuat naskah semakin enak dibaca sebelum dipublikasikan. Namun editor tidak hanya menyunting naskah. Ada editor yang bertugas juga mencari penulis agar mau bekerja sama untuk menerbitkan naskahnya kepada penerbit. Editor banyak dibutuhkan oleh penerbit, tetapi kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer untuk hal ini.

6.Translator
Berbeda dengan editor, untuk menjadi translator kamu tidak bertanggung jawab untuk memperbaiki naskah/tulisan tersebut, melainkan kamu hanya bertugas menerjemahkan teks ke dalam bahasa yang sesuai dengan yang diminta. Tentunya kamu harus fasih dalam berbahasa asing dan memiliki ketelitian yang tinggi. Translator terbagi menjadi 2 yaitu translator (penerjemah tulisan) dan interpreter (penerjemah lisan).

7.Content Writer
Content Writer bertugas mengelola konten dalam platform digital perusahaan dan biasanya memiliki target audiens. Profesi ini banyak diincar perusahaan dan juga jam kerjanya fleksibel. Dengan menjadi Content Writer, kamu dapat mempelajari hal baru dan juga meningkatkan kreativitas.

8.Screenwriter
Screenwriter atau dikenal dengan penulis naskah bertugas untuk menulis naskah dalam pembuatan video bercerita seperti sinetron atau pun film. Tidak hanya menulis alur cerita, penulis naskah juga menciptakan karakter tokoh dan deskripsi visualnya. Profesi ini memerlukan keterampilan observasi dan menulis yang tinggi. Penulis naskah dapat menulis cerita aktual maupun faktual atau mengadaptasi cerita dari novel.

9.Social Media Spesialist
Karena perkembangan digital saat ini berpengaruh besar, keberadaan profesi ini dibutuhkan dan lagi tren di era saat ini. Perusahaan banyak membutuhkan Social Media Sprecialist agar social media yang mereka miliki dikelola dengan baik. Jadi, Social Media Specialist bertanggung jawab untuk mengelola seluruh isi sosial media perusahaan. Social Media Specialist bukan hanya meng-upload foto atau memasang caption, tetapi harus melakukan riset terdahulu agar konten yang diupload sedang tren dan sejalan dengan produk perusahaan.#(Langen Ayu)

Related posts