Kepala Bappenas: Satu Data Indonesia Jadi Salah Satu Cara Pemulihan Nasional


Jakarta,Gpriority-Di masa pandemi Covid-19, Satu Data Indonesia dinilai Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjadi kunci suksesnya pemulihan nasional.

” Kenapa dinilai penting, karena pandemi memaksa adanya implementasi layanan digital pemerintah ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga data menjadi komponen wajib yang bisa mendorong dan menjadi kunci kesuksesan pemulihan nasional terkait dengan bagaimana tepatnya respon yang diberikan, keakurasiannya, adaptabilitas dan kolaborasinya,”” jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam siaran persnya secara virtual pada Selasa (6/7/2021).

Lebih lanjut dikatakan Suharso, dengan adanya data yang berkualitas bisa menghasilkan pembangunan yang tepat sasaran,adaptif, berkelanjutan, dan progresif.

Untuk itulah dirinya meminta agar penggunaan data yang tidak reliabel dalam agenda masif seperti pemulihan nasional sebaiknya dihindarkan karena berisiko menimbulkan inefisiensi atau pemborosan sumber daya.Tak hanya itu, data yang tidak reliabel juga akan menyebabkan pelaksanaan program pemerintah menjadi tidak tepat sasaran.(Hs.Foto.dok.Humas Bappenas)

Related posts