Kunker ke Brunei, Presiden Jokowi Dapat Undangan Pernikahan Prince Mateen

Jakarta, GPriority.co.id – Di awal tahun 2024 ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), memiliki agenda untuk mengunjungi 3 negara di wilayah ASEAN. Diantaranya yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Bersama rombongan dalam jumlah terbatas, Presiden Jokowi berangkat ke tiga negara ASEAN tersebut dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, pada Selasa (9/1) lalu.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya terakhir kali melakukan kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN tersebut sudah lebih dari 5 tahun yang lalu.

“Siang hari ini saya dan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Filipina, ke Vietnam, dan ke Brunei Darussalam. Kunjungan terakhir ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu. Dan sudah dikunjungi oleh beliau-beliau ke Indonesia mungkin tidak sekali, dua kali, tiga kali, bahkan ada yang lima kali, baik perdana menteri maupun presidennya,” ujarnya.

Kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN ini juga memiliki tujuan yang berbeda. Untuk kunjungan kerja ke Filipina, dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina.

Sedangkan, terkait terkait kunjungan kerja ke Brunei Darussalam, Presiden Jokowi di agendakan untuk bertemu dengan para pengusaha Brunei serta menghadiri undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah yaitu Pangeran Abdul Mateen.

“Memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen, sehingga ini adalah juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam, selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar berinvestasi di Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Sedangkan untuk di Vietnam sendiri, Presiden Jokowi akan membicarakan mengenai target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi.

Berdasarkan penuturannya, Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan bagi Indonesia. Saat ini, capaian target perdagangan Indonesia-Vietnam semakin membaik setiap tahunnya.

Presiden Jokowi dan rombongan terbatasnya akan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN selama 6 hari dari tanggal 9 Januari sampai dengan 14 januari nanti.

Foto : Vibizmedia