Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik 5 Pj. Gubernur Baru Hari Ini

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, resmi melantik 5 Penjabat (Pj.) Gubernur pada Jumat (17/5) di Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Gedung C, Kemendagri, Jakarta.

Acara pelantikan ini dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta pembacaan Keputusan Presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Gubernur.

Samsuddin Abdul Kadir, resmi dilantik sebagai Pj. Gubernur Maluku Utara. Sementara Al Muktabar dilantik sebagai Pj. Gubernur Banten, dan Bahtiar Baharuddin sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Barat.

Sementara Rudy Salahuddin dilantik sebagai Pj. Gubernur Gorontalo yang baru. Terakhir, posisi Pj. Gubernur Sulawesi Selatan yang baru diisi oleh Prof. Zudan.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian memberikan sambutan dan juga berpesan agar para Pj. Gubernur yang baru dilantik, dapat turut mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Mendagri Tito juga berharap agar kelima Pj. Gubernur baru tersebut dapat menjaga netralitas, mendukung persiapan KPU-Bawaslu, serta memastikan semua tahapan Pilkada berjalan sesuai aturan dan jadwal yang telah ditetapkan.

“Saya memohon kepada forkopimda, tokoh-tokoh masyarakat, tolong bantu kelima pj gubernur baru, untuk menjaga situasi kondusif,” ujarnya.

Pelantikan ini juga turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartanto.

Foto : GPriority