Menengok Megahnya Padepokan Puri Tri Agung di Bangka Belitung

Padepokan Puri Tri Agung merupakan salah satu landmark megah yang menjadi objek wisata sekaligus tempat beribadah di Bangka Belitung. Letaknya di Kawasan Pantai Tikus, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Pangkalpinang.

Letaknya yang tinggi di atas bukit menghadap langsung ke Laut China Selatan. Atapnya bertingkat tiga dan bentuk ujung atap seperti topi khas Tiongkok. Uniknya di dalam gedung juga terdapat bedug seperti di masjid dan lonceng seperti di gereja.

Selain untuk tempat berdoa, Padepokan  Puri Tri Agung juga menjadi tempat tujuan wisata bagi wisatawan. Selain menawarkan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, kuil ini juga menyajikan keindahan arsitekstur yang megah dan mewah.

Nama Padepokan Tri Agung diambil dari nama tiga guru besar dari tiga ajaran agama, yakni Confucius (Konghucu), Sakyamuni (Budha), dan Lao Tzu (Tao). Banyak kegiatan yang dilakukan di Padepokan Puri Tri Agung. Seperti perayaan Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, Sembahyang Rebut, dan sembahyang bulan.

Padepokan Puri Tri Agung dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB. Pengunjung biasanya ramai pada saat akhir pekan dan hari libur nasional. Bagi yang hanya berkunjung untuk berwisata, dapat mengabadikan momen dengan berfoto di Padepokan Puri Tri Agung. (VIA)

Related posts