Menhub dan Dirut KAI Pantau Arus Penumpang Libur Panjang Iduladha

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, melakukan tinjauan pelayanan kereta api di sejumlah kota untuk memantau pergerakan liburan panjang Hari Raya Iduladha. Agenda tersebut berlangsung di berbagai stasiun, termasuk Stasiun Purwokerto, Kroya, Tegal, dan Semarang Poncol, dari Jumat (14/6) hingga Sabtu (15/6).

“Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Iduladha. Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya dilansir pada Selasa (18/6).

Sementara itu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan terima kasihnya kepada Menteri Perhubungan dan jajarannya yang telah bersama-sama memantau musim liburan Hari Raya Iduladha. Pada periode 14 hingga 18 Juni 2024, KAI mengoperasikan 1.562 perjalanan kereta api atau rata-rata 313 perjalanan KA per hari.

“KAI mengoperasikan 30 perjalanan KA tambahan dalam masa liburan ini. Hal tersebut merupakan antisipasi KAI dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat selama liburan Iduladha ini,” jelas Didiek.

Lonjakan penumpang kereta api sudah terlihat sejak Jumat (14/6). Data pada Minggu (16/6) menunjukkan volume penumpang dari tanggal 14 hingga 16 Juni 2024 mencapai 511.115 penumpang, atau 110,4 persen dari total kapasitas tempat duduk sebanyak 462.889. Angka ini mencerminkan adanya penumpang dinamis, di mana satu tempat duduk bisa terjual untuk lebih dari satu tiket, seperti pada relasi Jakarta – Surabaya dengan penumpang yang berganti di Semarang.

Didiek berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama transportasi massal bagi masyarakat.

“Harapan kami transportasi massal dengan kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Kita menjamin keselamatan dan ketepatan waktu,” ujar Didiek.

Foto: KAI