Meningkat dari Tahun Lalu, IFEX 2024 Bawa Tren Kemajuan Industri Furniture Indonesia

Jakarta, GPriority.co.id – Pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 terus melakukan terobosan penting dalam industri furniture Indonesia. Dengan menampilkan lebih banyak exibhitor dan buyer dari berbagai negara, pameran ini diharapkan mampu berkontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jumlah exibhitor lebih banyak, kemudian area untuk pameran juga lebih gede, dimasa yang mungkin sesuatu yang tidak pasti. Perusahaan lebih all out, lebih prepare terhadap apapun, seperti inovasi desain material dan secara internal mereka melakukan untuk persiapan masalah legalitas seperti itu,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Promosi dan Pemasaran HIMKI, Djujuk Aryati ditemui awak media dalam gelaran IFEX 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (1/3).

Walau ditengah ketidakpastian ekonomi global, Djujuk optimis IFEX 2024 dapat menjawab tantangan global. Apalagi, kata dia, Indonesia yang memiliki segudang hasil alam yang melimpah mampu berinovasi aktif dalam tren furniture global.

“Dari material, kita sangat unik, variasi – variasi dari material yang ada itu sangat beragam sekali, kemudian karena Indonesia terkenal akan umkmnya, jadi lebih craft manshipnya itu barangnya itu tidak seperti di foto copy mesin semua, ada sentuhan manusiannya disitu,” tuturnya.

Kendati demikian, Djujuk mengungkapkan masih terdapat tantangan tersendiri dalam menghadapi ketidakpastian ekomoni global. Menurut dia, pasca Pandemi Covid-19, banyak buyer yang terelimiasi akibat sulit bertahan dalam krisis kemarin.

“Pasca covid, itu banyak sekali perubahan terutama dari sisi buyer sendiri, itukan juga banyak mengalami ada yang survive ada yang tidak, jadi mengalami, tereliminasi, kemudian dengan tereliminasi itu pemilihan mereka terhadap supplier itu lebih selektif karena, mereka mereduce resiko terhadap kegagalan bisnis, mereka akan lebih hati – hati terhadap perusahaan yang mau diajak kerja sama,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pameran IFEX 2024 resmi dibuka pada Kamis (29/2) di Jakarta International Expo, Kemayoran. Pameran ini berlangsung selama 4 hari dari 29 Februari hingga 3 Maret 2024. Ditargetkan dapat menarik 13 ribu pengunjung dari 100 lebih negara di dunia.

Selain pameran, IFEX 2024 juga kembali menghadirkan beberapa program unggulan seperti VIP Buyers program, IFEX Buyers & Exhibitors Nite, seminar, dan penghargaan untuk booth terbaik. Tersedia juga beberapa layanan dan fasilitas pendukung seperti shuttle bus gratis, business lounge, ruangan medis, layanan kursi roda, layanan penerjemah, dan lain-lain.

Foto: IFEX 2024