Menpora Siap Dukung Program Pembinaan Pembalap Nasional

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo siap mendukung program pembinaan pembalap nasional yang sedang dikembangkan.

Hal ini disampaikan saat menerima audiensi PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya selaku pengelola Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (9/1).

“Kemenpora siap berkolaborasi, dengan kerja samanya bisa melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK),” kata Dito dalam keterangan tertulisnya dikutip, Selasa (9/1).

Dalam kesempatan tersebut, PT MGPA Nusantara Jaya yang datang bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memaparkan rencana-rencana event yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain rangkaian event nasional dan dunia, disampaikan juga program pembinaan, pembibitan pembalap-pembalap nasional untuk bisa berprestasi di kancah internasional.

“Kami di awal 2023 berkeinginan menciptakan bibit-bibit pembalap nasional. Kemudian dengan bekerja sama IMI (Ikatan Motor Indonesia, Red) menggelar Mandalika Racing Series yang sudah berjalan tiga putaran di 2023,” ujar Direktur Utama MGPA Nusantara Jaya, Priandhi Satria.

Program ini, sambung Priandhi, akan segera dilanjutkan di 2024 dengan rencana lima kali series. Dalam pelaksanaannya nanti direncanakan bekerja sama dengan VR46 Racing Team besutan legenda Moto GP Valentino Rossi.

“Kami berkeinginan melanjutkan Mandalika Racing Series untuk mencari bibit-bibit untuk ikut serta dalam kejuaraan asia maupun dunia,” sebutnya.

Sehingga harapannya melalui pembibitan pembalap ini, ke depan Indonesia bukan hanya menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP. Melainkan juga bisa mengikutsertakan pembalapnya untuk ikut berpartisipasi dalam balapan kasta tertinggi di dunia tersebut.

Sementara itu Dirut ITDC Ari Respati menyatakan pihaknya mengharapkan dukungan dari Kemenpora dalam mendorong lahirnya local hero pembalap nasional. Salah satunya melakukan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) yang akan kembali digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

“ARRC ini memang menjadi salah satu fokus kami. Banyak pembalap kita yang sudah berprestasi naik podium dalam seri-serinya,” kata Ari.

Dalam kesempatan itu juga, Dirut ITDC menyerahkan kartu identitas khusus MotoGP kepada Menpora Dito. ID Card tersebut bisa digunakan untuk mengakses semua sirkuit MotoGP di seluruh dunia.

Foto: Kemenpora/Egan