Pemda Bangun Tower 4G dan Penyerahan Bantuan Ekonomi Produktif

Malut, Gpriority – Upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah untuk memperluas jaringan internet seluler, terutama 4G ke wilayah kecamatan dan desa telah berjalan mulus.

Nampaknya pada Sabtu (26/10/2020) kemarin, bupati dan wakil bupati Halmahera Tengah, Drs. Edi Langkara dan Abd. Rahim Odeyani, SH, MH melakukan peletakan batu pertama pembangunan tower 4G di kecamatan Patani yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Yanto M. Asri, dan OPD di lingkup Pemda Halmahera Tengah.

Bupati dalam sambutannya menyatakan, pembangunan insfrastruktur telekomunikasi menjadi program Elang-Rahim yang merupakan struktur fisik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat untuk melakukan komunikasi.

“Saat ini kita berada di era globalisasi maka informasi yang berdampak ekonomi sangatlah penting untuk mendapat perhatian dari pemerintah. Dan kita harap masyarakat bisa memanfaatkan dan mengelolah informasi secara baik, ” harapnya.

Lanjut bupati, pembangunan tower 4G sebelumnya dilakukan di Patani Barat, dan saat ini pembangunan tower tersebut sudah selesai dibangun. “Pemerintah alokasikan anggaran pembangunan tower di tahun 2020 ini sebesar Rp. 6,6 Miliar. Kita berharap juga di akhir tahun 2020 ini masyarakat sudah menikmati jaringan 4G tersebut,” ucapnya.

Selain itu, bupati menyatakan penyerahkan bantuan ekonomi produktif untuk menjawab dampak covid19 ini agar ekonomi masyarakat tetap berkembang. “Menghadapi Covid19 ini saya selaku kepala daerah harus mengambil keputusan yang cepat dan tepat untuk menyelematkan kondisi sosial ekonomi di daerah, dan apapun keputusannya yang saya ambil tetap mengutamakan kepentingan masyarakat,” kata mantan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara ini.

Bupati menyampaikan, tujuan dari pemberian bantuan tersebut adalah untuk meningkatkan pendapatan perekonian masyarakat, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan secara baik agar lebih mandiri ke depannya.

“Program Elang-Rahim yang tertuang dalam RPJMD akan terus diwujudkan agar masyarakat Halteng bisa merasakan manfaatnya yakni menuju Halmahera Tengah yang Maju, Sejahtera berlandaskan Fagogoru,” ujarnya.

Sementara itu wakil bupati Abd. Rahim Odeyani menyatakan bantuan tersebut diharapkan agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima. “Kami harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga ekonomi terus berkembang,” tuturnya.

Ia juga berharap agar barang yang telah diberikan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sebagai nilai tambah usaha masyarakat.
“Kami berharap barang yang diberikan tidak dijual, karena harapan kami pelaku usaha bisa berkembang kedepan,” harapnya.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Halteng ini menuturkan bahwa memasuki pemerintahan Elang-Rahim dalam 3 tahun ini telah terealisasi. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, telekomunikasi hingga pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan. “Kami bercita-cita agar harapan masyarakat selama ini bisa tercapai,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, bupati dan wakil bupati menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pelaku nelayan, petani serta pelaku usaha di wilayah Patani.# (WMJ).

Related posts