Pemkab Biak Lepas Ekspor Ikan ke China

Biak,Gpriority-Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia, di tengah Pandemi Covid-19 yang kabarnya akan diubah statusnya menjadi endemi, salah satu kabupaten di Indonesia Timur yakni Biak berhasil melakukan ekspor perdana komoditas perikanan ke sejumlah negara termasuk China.

 Ekspor perdana sendiri disaksikan secara virtual oleh Menko Marves,Luhut Binsar Pandjaitan pada Minggu, 28 Agustus 2021. Saat memberikan sambutan, Luhut memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Biak Numfor.” Gebrakan dari Pemda Biak Numfor patut diapresiasi, karena di tengah pandemi Covid-19, Biak Numfor bisa memanfaatkan sektor perikanan untuk menghasikan eknomi bagi daerahnya,” tegas Luhut.

Mengenai berapa ton sektor perikanan yang diekspor, Luhut menjelaskan sesuai data yang diterima dari Biak Numfor,  tuna loin seberat 150 kilogram, kepiting 350 kilogram, dan lobster 30 kilogram.

Luhut mengungkapkan melalui ekspor perdana ini bisa semakin meningkatkan pendapatan negara, devisa negara dan kesejahteraan nelayan. “ Saya juga berpesan agar negara tujuan ekspor terus dikembangkan secara bertahap mengingat perikanan di Biak memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan negara lain,” tegas Luhut.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu mewujudkan ekspor perdana ini. Herry juga berjanji akan tetap menjaga mutu dan kualitas ikan, sehingga banyak negara lainnya yang juga memesan kepada Biak.

“ Sektor perikanan merupakan unggulan dan andalan Kabupaten Biak Numfor dan wilayah teluk Cenderawasih/Saireri. Pengelolaan sumber daya ekonomi, imbuhnya, merupakan keniscayaan untuk mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan sektor perikanan,” kata Herry.

Herry juga berharap langkah yang dilakukan olehnya bisa diikuti kepala daerah lainnya, sehingga Papua sejahtera seperti yang diinginkan Gubernur Lukas Enembe bisa terlaksana.(Hs.Foto.dok.Humas Biak)

Related posts