Pemkab Fakfak Gelar Pelatihan Jurnalistik, Drone dan Fotografi

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang informasi publik, Pemerintah Kabupaten Fakfak,Papua Barat bekerjasama dengan Gpriority selama 3 hari (20-23 November 2020) menggelar Pelatihan Fotografi, Drone dan Jurnalistik di Jakarta.

Acara yang dihadiri langsung oleh Kabag Humas dan Protokol Fakfak, Christian J.Libra S.Sos.,MA. ini diikuti oleh 11 peserta yang berasal dari staf Humas Kabupaten Fakfak.

Hari Pertama Pelatihan Fotografi dan Drone

Hari pertama yang berlangsung pada Jum’at (20/11/2020) diisi dengan pelatihan fotografi dan drone bertempat di Jakarta Internasional Equistrian Park, Pulo Mas, Jakarta Timur.

Tepat pukul 09.00 WIB, R. Rusdianto selaku pembicara di sesi fotografi memberikan materi mengenai pengenalan kamera, cara mengambil gambar, cara mengatur ISO atau dan semua hal yang berhubungan dengan fotografi.

Tak hanya teori, Rusdi pun langsung memberikan praktek mengenai tata cara pengambilan gambar baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Saat praktek inilah banyak peserta yang menanyakan mengenai tata cara pengambilan gambar pada saat melakukan penandatangan yang dilakukan oleh bupati, mengingat pada saat acara tersebut, banyak sekali fotografer dari berbagai media turut melakukan peliputan. Rusdi yang berpengalaman meliput beragam acara pun menjelaskan mengenai tata caranya. Tak hanya itu, para peserta juga menanyakan beragam hal yang berhubungan dengan dunia fotografi.

Pukul 12.30 WIB, acara kembali dilanjutkan dengan pemaparan dari Agus Saepul Romdoni mengenai materi pengenalan teknik menerbangkan Drone.

Menurut Agus, sebelum menerbangkan Srone, ada 2 hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama, perhatikan mode remot yang digunakan. Pasalnya di Drone ada 3 variasi mode yang digunakan dan memiliki fungsi yang berbeda.Selain mode remote, hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara memasang baling-baling. “ Di dalam drone ada 2 jenis baling-baling yang dibedakan berdasarkan trust yang dihasilkan sehingga kita harus mengetahui cara memasang baling-baling dari 2 jenis tersebut,” tegas Agus.

Agus dalam sesi tersebut juga menjelaskan mengenai tata cara penerbangan Drone mulai dari pemasangan baterai, menghidupkan dan mematikan remote, start engine (Aming Motor Drone), menaikkan dan menurunkan Drone, memutar posisi drone, menggerakkan Drone ke kiri dan ke kanan, serta menggerakkan Drone maju dan mundur.

Hari Kedua Pelatihan Jurnalistik

Wakil Ketua Dewan Pers,Hendry CH Bangun didampingi Pemred Gpriority

 

Untuk hari ke-2, acara dipusatkan di Hotel Orchard Industri, Jakarta. Adapun materi yang dibahas, pertama, adalah terkait Kode Etik Jurnalistik dan Peraturan Pers. Dan kedua, adalah tata cara bagaimana teknik menulis berita dan pembuatan press release yang disesuaikan dengan agenda setting kehumasan pemerintah daerah

Tepat pukul 09.00 WIIB, Hendry Ch Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers menjadi pembicara pada sesi pertama. Ada beberapa poin yang dia paparkan terkait pentingnya humas daerah memahami peran dan ekosistem pers di mana di satu sisi humas sebagai ujung tombak dalam menyajikan informasi pemerintah daerah untuk publik dan di sisi lainnya juga berhadapan dengan para wartawan atau media.

Poin yang disampaikan Hendry di antaranya mengenai tata cara mendirikan usaha pers, standar perusahaan pers, kode etik jurnalistik, pedoman media siber pada media online, dan hal lainnya yang berhubungan dengan eksistensi industri pers itu sendiri.

Hendry juga menjelaskan beberapa pemerintah daerah didorong agar melakukan kerjasama advertorial atau kontrak iklan dengan media-media yang telah Terverifikasi Faktual oleh Dewan Pers, serta menjelaskan permasalahan yang tengah dihadapi media pada saat pandemi dan jalan keluar yang dilakukan oleh Dewan Pers agar media tetap eksis.

Sesi ke-2 berlangsung pada pukul 13.00 WIB, adapun yang menjadi pembicara di sesi ini adalah Frans Ekodhanto, Tenaga Ahli Jurnalistik Pemprov DKI Jakarta.

Dalam paparannya, Frans menjelaskan bahwa sebelum menulis berita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti nilai beritanya,unsur-unsur berita yang memuat 5W+1 H, struktur naskah berita, judul berita yang menarik, teras dan bodi berita.

Selain penulisan berita, Frans juga mengajarkan mengenai tata cara penulisan press release yang sesuai dengan agenda kehumasan. Sesi ini juga diisi dengan praktek langsung penulisan dan penyuntingan.

Hari Ketiga Praktek Fotografi

Hari ketiga, para peserta diajak keliling Jakarta untuk mempraktekkan hasil pelatihan fotografi mereka. Ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi pemotretan seperti Bundaran HI, Senayan, Kota Tua dan tempat wisata lainnya yang ada di Jakarta. # Hs.

Related posts