Pemkab Fakfak Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Pelabuhan Karas

Jakarta,Gpriority-Pembangunan Pelabuhan sangat dibutuhkan untuk moda transportasi laut yang menghubungkan antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya.

Atas dasar alasan itu pulalah pada Rabu (15/1/2020) Pemerintah Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat secara resmi menghibahkan barang milik daerah berupa sebidang tanah seluas 1.504 m2 kepada Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Perjanjian hibah dan berita acara serah terima tersebut ditandatangani oleh Muhammad Uswanas selaku Bupati Fakfak yang mewakili Kabupaten Fakfak dan Arif Toha Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang mewakili Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

“Tanah ini dihibahkan dengan tujuan untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan dan penyelenggaraan pelabuhan Karas di Kampung Malakuli,Distrik Karas,” ucap Arif Toha.

Dikatakan Arif, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan bertanggungjawab terhadap penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan barang serta wajib melakukan penatausahaan terhadap tanah tersebut. Namun demikin, apabila di kemudian hari timbul permasalahan hukum terhadap tanah tersebut, tetap menjadi tanggung jawab dari Kabupaten Fakfak selaku pemberi hibah.

Arif mengungkapkan, di atas tanah tersebut nantinya akan dibangun infrastruktur fasilitas Pelabuhan Karas berupa pembangunan dermaga sepanjang 80 meter, kantor, terminal penumpang, rumah dinas, pagar dan pintu gerbang, yang diperuntukkan untuk kapal perintis yang melayani masyarakat Karas dan sekitarnya.

“Selama ini yang kita ketahui, kapal-kapal yang berlabuh di Karas hanya menggunakan tambatan darurat dari kayu. Ke depannya, dengan pembangunan infrastruktur Pelabuhan ini diharapkan sektor perekonomian di Fakfak akan semakin baik, sebagaimana arahan Bapak Presiden RI dan Menteri Perhubungan untuk terus mendorong sektor perekonomian di berbagai daerah,” tutur Arif.

Menurut Arif, dirinya mewakili Pemerintah Pusat menyambut baik adanya hibah ini, yang menandakan bentuk saling dukung dan meningkatkan sinergi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabuapaten Fakfak dan berharap Perjanjian dan Serah Terima ini dapat menjadi pedoman dalam pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

Arif berharap, sinergitas ini dapat terus dilanjutkan dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat, yang dalam hal ini diwakili oleh KSOP Kelas IV Fakfak dengan Pemerintah Kabupaten Fakfak dalam mengoptimalkan pengembangan Pelabuhan Karas sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Bupati Fakfak Dr. Drs.Mohammad Uswanas, M.Si yang ditemui seusai acara mengatakan,”Hadirnya pelabuhan ini juga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi sekaligus membuat banyak investor masuk di Kabupaten Fakfak.”

Lebih lanjut dikatakan oleh Mohammad Uswanas, pembangunan Pelabuhan Karas ini dapat dilakukan dalam tempo secepat-cepatnya sehingga dapat meningkatkan arus barang dan arus jasa manusia di Fak-Fak. Apalagi, menurutnya, Fak-Fak dan Kawasan di sekitarnya merupakan Kawasan produktif, strategis, dekat ke Ambon dan Papua dan kaya akan sumber daya migas dan kelapa sawit.(Hs)

Related posts