Pendaftaran Komponen Cadangan Kementerian Pertahanan Secara Daring Resmi Dibuka, Catat Persyaratannya

Jakarta,Gpriority-Komponen Cadangan (Komcad) dibentuk oleh Pemerintah Pusat untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama Tentara Negara Indonesia (TNI).

“Komcad dibentuk sebagai kekuatan cadangan yang dibutuhkan jika sewaktu waktu menghadapi masa darurat,” jelas Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran persnya melalui laman resmi Kementerian Pertahanan pada Jum’at (28/5/2021).

Mengingat begitu pentingnya Komcad bagi kekuatan TNI untuk mempertahankan Indonesia, mulai hari Jum’at (28/5/2021) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membuka Pendaftaran Komcad secara daring (online).Sementara untuk pendaftaran langsung akan dibuka pada 21 Juni 2021.

Mengenai pendaftaran secara daring, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam laman tersebut menjelaskan bahwa dapat dilakukan melalui laman komcad.kemhan.go.id atau via aplikasi WhatsApp di nomor 08990170845. Selain melalui daring, pendaftaran langsung juga akan dilaksanakan. Namun prosesnya baru dapat dilaksanakan mulai pekan ketiga Juni.”Sedang pendaftaran langsung sekitar tanggal 21 Juni di Korem-Korem yang ada di seluruh Kodam di Jawa,” tuturnya.

Adapun syarat untuk mendaftar menjadi Komcad adalah sebagai berikut:

1.Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
2.Berusia minimal 18 sampai dengan 35 tahun.
3. Tidak memiliki catatan kriminalitas.
4.Sehat jasmani dan rohani.
5. laki-laki atau perempuan.
6. Bukan anggota TNI/Polri.
7. Bersedia di mobilisasi di seluruh wilayah NKRI.
8. Bersedia mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia.

Bagi peserta pendaftaran secara online yang telah memenuhi persyaratan, akan dipanggil untuk melakukan pendaftaran ulang di Makorem 051/Wkt.(Hs)

 

Related posts