Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Ada sebuah klenteng tua berusia ratusan tahun di daerah Bekasi Timur, tepatnya di Jalan Kenari I, Desa Margahayu. Namanya Klenteng Hok Lay Kiong. Klenteng yang berdiri di atas tanah seluas 700 meter persegi ini dikelolah oleh Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi.


“Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi merupakan yayasan sosial yang non profit, dimana seluruh pembina telah berkomitmen untuk tidak menerima gaji sama sekali. Jika ada keuntungan, semuanya akan disubsidi silang dan diinvestasikan untuk bidang-bidang yang dikelolah oleh yayasan,” tutur Ronny Hermawan, Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi.


Ia mengatakan, Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi telah berdiri sejak 38 tahun silam. Merupakan yayasan sosial yang bergerak dibidang kemanusiaan dengan visi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.


Menurutnya, untuk membangun sebuah peradaban harus dimulai dari membangun manusia terlebih dahulu. Pembangunan kualitas dan karakter manusia menjadi prioritas. Oleh sebab itu, pihaknya sangat fokus dalam memperkuat sekolah-sekolah.


Selain klenteng dan sekolah, Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi juga mengelolah beberapa bidang lainnya. Seperti tempat pemakamam umum, rumah duka, klinik, dan lainnya.


“Rencananya ke depan akan dibangun rumah sakit agar dapat memberikan manfaat bagi banyak masyarakat, tak hanya etnis Tionghoa, tetapi juga etnis lainnya. Sebab, meski pun landasan yayasan berdasarkan agama Budha, tetapi pergerakannya untuk seluruh kalangan,” ungkap Ronny.


Meski pun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, ia berharap dapat terus berkontribusi dalam membangun dan memajukan kehidupan bangsa.


“Sejak awal berdiri kita berkomitmen untuk menjadi yayasan sosial yang dapat membantu masyarakat yang memang membutuhkan. Yayasan sering mengadakan acara bakti sosial seperti pembagian sembako, seminar ke,” tutupnya. (VIA)
 

 

Related posts