Pendaftaran PPDB Jabar Dibuka sampai Kapan? Cek Link, Syarat dan Jadwal Lengkapnya!

Jakarta, GPriority.co.id – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat (Jabar) tahap 1 sudah dibuka mulai, Senin (3/6). PPDB untuk tingkat SMA/SMK/SLB dibuka hingga Jumat, 7 Juni 2024 mendatang. 

Sebagaimana diketahui, pendaftaran PPDB Jabar tahap 1 ini dibuka melalui jalur zonasi sebanyak 50 persen dan afirmasi KETM sebanyak 15% bagi peserta SMA. Ada jalur prioritas terdekat sebanyak 10 persen dan afirmasi KETM sebanyak 15 persen untuk SMK. Berikut link dan cara pendaftarannya.

Link dan Cara Pendaftaran PPDB Jabar 2024

Untuk melakukan pendaftaran PPDB Jabar 2045, Anda perlu mengakses situs https://ppdb.jabarprov.go.id/. Berikut tata caranya:

– Buka situs Siap PPDB Online Provinsi Jawa Barat di link: https://ppdb.jabarprov.go.id/.

– Pilih jalur pendaftaran

– Klik ‘Alur PPDB’ untuk mendapat penjelasan soal alur pelaksanaan PPDB.

– Klik ‘Waktu Pendaftaran’ untuk melihat jadwal pelaksanaan PPDB Jabar 2024.

– Klik ‘Wilayah PPDB’ untuk melihat lokasi sekolah sesuai jalur yang dipilih.

– Klik ‘Pendaftaran’ dan siapkan semua berkas yang diperlukan. 

Syarat Pendaftaran PPDB Jabar 2024

– Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP, atau surat keterangan telah menyelesaikan program pendidikan/kartu peserta ujian sekolah, jika ijazah belum terbit.

– Akta kelahiran/Kartu Identitas Anak, dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, dan belum menikah;

– Calon peserta didik baru penyandang disabilitas dikecualikan dari ketentuan persyaratan batas usia dan ijazah, atau dokumen lain yang menyatakan kelulusan, kecuali bagi yang akan melanjutkan ke SMPLB atau SMALB, menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB.

– Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua peserta didik;

– Kartu Keluarga (KK) yang menerangkan domisili Calon Peserta Didik;

– Dokumen Surat Tanggung Jawab Mutlak atau Pakta Integritas orang tua yang menyatakan data Calon Peserta Didik asli, dan bersedia dikenakan sanksi jika terbukti ada pemalsuan, dibubuhi meterai dan ditandatangani orang tua (format dapat diunduh pada website PPDB).

Semoga bermanfaat.

Foto: PPDB Jabar