Peningkatan Kualitas Data KPM Sangat Bergantung Pada Kepala Daerah

Jakarta,Gpriority- Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kessos) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Tahun 2020 di Novotel Hotel Mangga Dua, Jakarta.

Acara yang digelar selama tiga hari (Minggu 16 Februari hingga Selasa 18 Februari) diisi oleh para narasumber yang ahli dalam bidangnya seperti Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM), Andi ZA Dulung. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Harry Hikmat dan Dirjen Pemberdayaan Sosial (Dayasos), Pepen Nazaruddin yang menjadi narasumber dalam diskusi panel pada hari kedua, Senin (17/2)

Dalam paparannya, Andi ZA Dulung menghimbau kepada kepala daerah untuk meningkatkan kualitas data keluarga penerima manfaat (KPM). Pasalnya, pemutakhiran data agar bantuan tepat sasaran dan kuota terpenuhi sangat bergantung dari pemerintah daerah.

Terkait dengan pemutakhiran data yang dilakukan Direktorat PFM, Dirjen PFM menjelaskan bahwa data yang diambil adalah data dari daerah yang ada di SISK-NG yang selanjutnya diberikan ke bank untuk diproses. “Direktorat PFM itu mengambil data betul yang sudah di SK kan (oleh ketua Tim Koordinasi Daerah) yang sudah masuk di SIKS NG, jadi kami betul-betul tergantung dari data Bapak/Ibu pemerintah daerah sekalian, kami terima apa adanya, lalu kami kirim datanya ke bank,” kata Dirjen PFM.

Sebagai penutup, Dirjen PFM menegaskan bahwa untuk dapat menjalankan program dengan baik dan mencapai target yang diharapkan maka diperlukan pula data yang baik. “Ini semua bisa kita lakukan kalau data kita baik. Kalau data kita tidak baik, jelas ini akan sulit sekali kita capai,” tutup Andi.(Hs.Foto:Hs)

 

Related posts