Perebutkan 1 Tiket ke Paris, Cek Faktanya Jelang Laga Play-off Timnas Indonesia vs Guinea

Jakarta, GPriority.Co.Id – Timnas Indonesia U-23 telah melewati perjalanan yang panjang dalam upaya mereka untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 di Paris. Namun, satu tantangan terakhir masih menanti, yakni menghadapi Timnas Guinea U-23 dalam laga play-off antarbenua.

Timnas Indonesia, yang meraih peringkat keempat di Piala Asia U23, akan berhadapan dengan Guinea, yang meraih peringkat keempat di Piala Afrika U23, dalam laga play-off untuk memperebutkan tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024. Laga ini akan berlangsung di Stadion Pierre Pibarot, Perancis, pada Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB.

Berikut adalah fakta tentang Timnas Guinea yang perlu diperhatikan oleh Timnas Indonesia:

1. Pertemuan Perdana

Laga pada Kamis, 9 Mei 2024, untuk memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024 merupakan pertemuan perdana antara kedua tim. Hingga saat ini, Timnas Indonesia belum pernah bertemu dengan Timnas Guinea di semua level usia.

2. Ranking FIFA Kedua Tim

Dilansir dari laman resmi inside.fifa.com, menurut data terbaru FIFA per 4 April 2024, peringkat FIFA Timnas Guinea pada 4 April 2024 adalah 76, sementara peringkat FIFA Indonesia adalah 134.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia baru-baru ini mengalami peningkatan peringkat yang signifikan. Mereka bahkan mendapatkan predikat “biggest climber” (naik 8 peringkat) dan “most points scored” (bertambah 30,04 poin). Meskipun demikian, komposisi pemain Guinea yang mayoritas bermain di luar negeri tetap menjadi faktor yang harus diwaspadai, dengan sebagian besar di antaranya bermain di Eropa.

3. Banyak Pemain Abroad di Timnas Guinea

Salah satu hal yang menarik dari Timnas Guinea adalah banyaknya pemain yang berkarir di luar negeri atau pemain abroad. Sekitar 20 pemain Guinea saat ini bermain di klub di luar negeri, dengan 16 di antaranya bermain di Eropa. Ini menunjukkan bahwa pemain Guinea sudah terbiasa menghadapi kualitas sepak bola level tinggi.

Jika berhasil mengalahkan Guinea, Timnas Indonesia akan masuk ke Grup A cabang olahraga sepak bola dalam ajang Olimpiade Paris 2024. Dalam Grup A saat ini terdiri dari Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Meskipun tantangannya besar, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia untuk mengalahkan Guinea dan melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair

Foto: PSSI