Pj Bupati Tanah Laut Kembangkan Potensi Kecamatan Panyipatan Lewat RDTR

Jakarta, GPriority.co.id – Pj. Bupati Tanah Laut, Ir. H. Syamsir Rahman, M.S, mencanangkan pembangunan Kecamatan Panyipatan yang dinilai memiliki segudang potensi. Hal ini ia utarakan langsung pada sesi pemaparan acara rapat koordinasi lintas sektor, di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Kamis (1/2) kemarin.

Dengan profil wilayah Kecamatan 36.902,6 Ha dan batas administrasi 10 desa, kecamatan ini memiliki 25.135 jiwa.

“Penduduknya terus bertambah karena ada 152 objek wisata yang ada pada sejumlah titik. Ini hanya satu kecamatan pak Dirjen dan kawan-kawan semua. Beberapa diantaranya meliputi air terjun panyipatan, makam Habib Muhammad, dan bukit birah yang sedang viral saat ini,” ungkapnya.

Penataan ruang ini bertujuan untuk mewujudkan wilayah perencanaan Panyipatan sebagai kawasan strategis ekonomi regional yang berbasis pengembangan infrastruktur wilayah.

“Jadi pak Dirjen, saya rasa profil Panyipatan ini sangat menjanjikan sekali. Sehingga programnya harus berjalan,” ujar Syamsir.

Adapun, beberapa isu strategis wilayah perencanaan Kecamatan Panyipatan ini mencakup beberapa hal. Diantaranya, Panyipatan termasuk dalam Kawasan strategis dari sudut kepentingan ekonomi.

Selain itu, Syamsir mengatakan bahwa Panyipatan juga memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan. Selain itu sektor pertanian, perikanan, dan perkebunannya sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Disisi lain, Syamsir juga menyebutkan beberapa permasalahan yang terjadi. Seperti kawasan rawan bencana alam yang berupa kebakaran hutan dan banjir.

“Tetapi untuk hal ini kami sudah bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan untuk melakukan penghijauan,” kata Syamsir.

Hal lain yang menjadi permasalahan di Kecamatan Panyipatan yaitu belum terlayani jaringan air bersih perpipaan secara maksimal.

“Untuk tahun ini dan tahun berikutnya, jangkauan air bersih akan melalui badan pelayanan perpipaan air bersih,” tambahnya.

Foto : GP Nindya