Pletek, Oleh-Oleh Khas Negeri Laskar Pelangi


Bangka Belitung menjadi salah satu kepulauan nusantara yang menyuguhkan wisata alam dengan keeksotisannya. Selain potensi wisata yang semakin berkembang, terdapat pula makanan khas Bangka Belitung yang memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. 

Bukan hanya makanan berat yang bisa dicicipi, ada juga jajanan khas yang terkadang digunakan sebagai buah tangan unggulan. Adalah Pletek. Kuliner ini sekilas terlihat sama dengan getes dari Bangka. Dari namanya yang unik, bisa dilihat jika pletek merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang bertekstur renyah dengan cita rasa gurih

Pletek memiliki bentuk agak elips dan berwarna putih kecokelatan. Saat dikunyah, penganan ini terasa gurih dan nikmat. Pletek terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Daging ikan tersebut kemudian diberi tambahan bumbu-bumbu seperti garam dan merica. Karenanya, pletek akan terasa gurih saat dimakan.

Jika berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi, jangan lupa membeli Pletek sebagai buah tangan. Sebab, tidak terlalu sulit untuk menemukan Pletek. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribu perbungkus. (VIA)

Related posts