Raih 160 Medali, Tangsel Juara Umum POPDA X Banten

Tangsel,GPriority.co.id-Dalam rangka mempercepat pembangunan di sektor olahraga, Pemerintah Provinsi Kota Banten menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X Banten 2022.

POPDA X Banten yang digelar di Stadion Maulana Yusuf, Serang diikuti oleh Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Banten termasuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Saat melepas keberangkatan kontingen, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yakni tahun ini atletnya akan kembali memenangkan pertandingan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X Provinsi Banten, yang digelar di Kota Serang, pada 6 – 11 Juni 2022.

“Saat ini, Tangsel telah meraih empat gelar juara umum POPDA Provinsi Banten. Jika tahun ini prestasi itu dapat diulang, maka kemenangan ini akan menjadikan Tangsel Juara Umum untuk kelima kalinya,” ucap Benyamin Davnie.

Impian Davnie pun diwujudkan oleh para atlet muda asal Tangsel.Berdasarkan siaran pers Diskominfo, Tangsel pada penutupan POPDA X, yang digelar Sabtu (11/2022) di Stadion Maulana Yusuf menjadi juara umum dengan meraih 160 medali.

Prestasi ini menjadikan Tangsel Juara terbanyak sepanjang POPDA Banten digelar. ” Dari 10 gelaran, 5 kali Tangsel Juara yakni 2013,2015,2016,2018 dan 2022,” kutip isi dari siaran pers Diskominfo Kota Tangsel.

Penyerahan gelar juara, langsung terima oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, dengan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Bambang Noertjahjo, dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel Mursinah.

Sementara itu Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie pun mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para atlet yang telah berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan gelar kemenangan Kota Tangsel.

“Saya berterimakasih kepada seluruh Kontingen Tangsel yang telah berhasil mempertahankan juara umum dalam ajang POPDA Provinsi Banten. Saya bangga dengan perjuangan para atlet dan pelatih serta official. Mereka sudah membuktikan keunggulannya,” kata Benyamin.

Benyamin menyebutkan bahwa pihaknya akan menggelontorkan bonus bagi para atlet, atas prestasi mereka yang sudah mengharumkan nama Kota Tangsel.

“Bonus sudah disiapkan oleh Dispora. Besarannya disesuaikan dengan standar satuan harga pemerintah” pungkasnya.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengucapkan selamat kepada kontingen Kota Tangsel yang telah berjuang keras di Popda Banten X. Pilar juga menyampaikan apresiasinya kepada kontingen serta dukungan masyarakat maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Tangsel.

“Alhamdulillah, kita kembali juara umum Popda. Ini tentunya berkat kerja keras semua pihak, dari mulai atlet, pelatih, official, Dispora, pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Sekedar informasi POPDA Banten X tahun ini, mempertandingkan sebanyak 19 cabang olahraga (Cabor). Kota Tangsel mengikuti 19 cabor yang diperlombakan itu. Adapun Ke-19 cabor yang diikuti Tangsel adalah atletik, basket, voli indoor, voli pasir, bulutangkis, gulat, judo, karate, kempo, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tinju, tenis meja, tenis lapangan, dan wushu.

Dua cabor yang berhasil mendulang banyak medali dan keluar sebagai juara umum yakni, renang dan panahan. Sementara dari cabor renang berhasil mendulang emas 17 medali, perak 7 medali , dan perunggu 2 medali.

Di cabor panahan, Kota Tangsel berhasil mengumpulkan 16 medali emas, 11 medali perak, dan 10 medali perunggu.


Untuk diketahui, gelar juara diraih para atlet Kota Tangsel dengan total perolehan sebanyak 160 medali. Dengan rincian 59 medali emas, 44 perak, dan 57 perunggu.

Lalu posisi kedua disusul oleh Kota Tangerang dengan mengumpulkan total 107 medali di antaranya emas 34, perak 33, dan perunggu 40.

Peringkat ketiga milik Kota Cilegon yang mengoleksi 77 medali yakni emas 26, perak 23, dan perunggu 28. Kemudian, tuan rumah Kota Serang di posisi keempat dengan meraih 87 medali berupa emas 22 medali , perak 24 medali dan perunggu 43 medali.

Posisi kelima bertengger Kabupaten Tangerang dengan koleksi 102 medali di antaranya emas 20, perak 33, dan perunggu 49. Lalu Kabupaten Lebak ada di peringkat keenam dengan meraih 69 medali yakni 15 emas, 19 perak, serta 34 perunggu.

Kemudian satu peringkat di bawahnya bercokol Kabupaten Serang dengan 54 medali. Para atlet Kabupaten Serang memboyong 13 emas, 11 perak, dan 30 perunggu. Sementara, Kabupaten Pandeglang menjadi juru kunci di posisi delapan dengan membawa pulang 44 medali, dengan rincian emas 7 keping, perak 10, dan perunggu 27. (Adv)

Related posts