Rata-rata Jumlah Pengunjung TMII di Hari Biasa 500 Orang

Semenjak dibukanya kembali Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 17 September 2021, Humas TMII Adi Wibowo mengatakan pengunjung TMII saat ini mengalamai trend penurunan.

Hal tersebut disebabkan beberapa hal, seperti pengujung diwajibkan menggunakan aplikasi peduli lindungi dan adanya kebijakan ganjil genap.

“Pengunjung menurun karena ada kewajiban melakukan aplikasi peduli lindungi, itu kemudian ada kebijakan ganjil genap. Itu salah satunya membuat masyarakat untuk keluar mungkin ragu-ragu untuk bisa masuk ke tempat wisata,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (30/09/2021)

Adapun untuk jumlah pengunjung dihari biasa seperti hari Senin – Jum’at, Adi mengungkapkan relatif stabil sekitar 500 sampai 600 orang. Sedangkan di hari Sabtu minggu pertama dibukanya uji coba mengalami penurunan 100 orang. Sebelum diterapkannya peduli lindungi, di hari Sabtu pengunjung bisa mencapai 4.000 orang.

Begitupun dengan hari Minggu, yang sebelumnya paling tinggi bisa mencapai 7.000 orang, di minggu pertama pembukaan turun 1.000 orang.

“Di minggu kedua turunnya makin jauh lagi, di hari Sabtu kita tidak sampai 3.000, dan di hari minggu kita tidak sampai 5000,” tuturnya.

Adapun untuk wahananya, Humas TMII menuturkan selama dimulai uji coba, yang diizinkan dikunjungi wisatawan yaitu tempat outdoor seperti taman burung, reptil dan lain-lain. Untuk anjungan juga Adi mengatakan hanya sebatas halamannya saja yang boleh dikunjungi.

Ia pun berharap kedepannya untuk TMII dan tempat wisata lainnya dapat segera beroperasi secara normal, dan diizinkan untuk membuka semua unit wisata baik outdoor maupun indoor, tetuna dengan menaati aturan pemerintah

“Taman mini itukan sebagai tempat hiburan kebudayaan sehingga kita bisa diizikan menggelar kesenian, sekarang jarang dapat kesempatan dan itu salah satu tugas kita memberikan kesempatan kepada kesenian tradisional untuk tampil di taman mini,” tuturnya. (Dwi.foto.dok.pribadi)

Related posts