Riau Urutan ke-2 Pengekspor Pertanian Terbesar di Indonesia

Kabar baik bagi Provinsi Riau, berdasarkan siaran pers Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus 2021, Riau hingga saat ini masih tercatat sebagai pengekspor pertanian terbesar ke-2 di Indonesia setelah Jawa Timur dengan menyumbangkan devisa bagi negara sebesar Rp1.077 triliun.

” Kami berterima kasih kepada Jawa Timur dan Riau karena menjadi 2 besar pengekspor pertanian di Indonesia. Saya berharap agar keberhasilan Jawa Timur dan Riau bisa diikuti oleh Provinsi Lainnya sehingga perekonomian Indonesia yang tengah kembali membaik bisa semakin meningkat lagi,” jelas Jokowi.

Mendapat pujian dari Jokowi, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan terima kasih. Syamsuar juga mengatakan bahwa pujian ini tidak akan membuat Riau berpuas diri, justru akan lebih meningkatkan lagi komoditas pertaniannya.

” Kepada kepala daerah dan masyarakat Riau saya terus berpesan agar pandemi ini tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan justru harus dijadikan cambuk untuk meningkatkan perekonomian di bidang pertanian.Alhamdulillah mereka mau mengerti dan terus melakukan pertanian. Dan hasilnya pada Sabtu (14/8/2021), kami kembali melepas komoditi pertanian di Pekanbaru,” jelas Syamsuar.

Lebih lanjut dikatakan Syamsuar, berdasarkan data yang ia terima dari Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Pekanbaru, jumlah total volume komoditi ekspor pertanian dari Riau, mencapai 108 juta kilo gram dan total nilai ekspor tercatat Rp1,077 triliun.”Kegiatan pelepasan ekspor ini selain di Dumai, juga dilaksanakan di wilayah kerja lingkup BKP Kelas I Pekanbaru lainnya, yaitu di UPT Induk dengan nilai Rp13 miliar. Tembilahan dengan nilai 10 milyar rupiah, Sungai Guntung dengan nilai Rp1,3 miliar dan Selatpanjang dengan nilai Rp256 juta . Dumai sendiri memiliki nilai ekspor terbesar yaitu lebih dari Rp1 triliun,” kata Syamsuar.

Terkait produk pertanian apa yang paling banyak di ekspor, Syamsuar mengatakan bahwa kepala sawit, kepala, talas, dan lain sebagainya. Dan untuk tujuan negaranya adalah China, Malaysia, Spanyol, Turki dan beberapa negara di belahan Afrika.(Hs.Foto.dok.Istimewa)

Related posts