Ribka Sugiarto Mundur Dari PBSI, Padahal Baru Rebut Gelar Juara Swiss Open 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Pemain ganda bulu tangkis Indonesia, Ribka Sugiarto, memilih mundur dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Cipayung. Keputusan tersebut dibenarkan oleh Ricky Soebagdja, Kepala Departemen Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

“Sudah ada komunikasi. Minggu lalu sudah disampaikan ke pelatih, meski surat resminya masih menunggu,” ujar Ricky dilansir dari Antara.

Meski demikian, Ricky mengaku belum menerima surat resmi pengunduran diri Ribka. Ia mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan tersebut. Apalagi Ribka dan pasangan bulu tangkisnya, Lanny Tria Mayasari, baru saja merebut gelar juara Swiss Open 2024 dan mengamankan satu tempat di skuad bulu tangkis putri, dan akan melaju ke final Piala Uber 2024.

Mendengar kabar tersebut, banyak pecinta bulu tangkis Indonesia yang menyayangkan keputusan Ribka. Ada juga yang menganggap bahwa tekanan sebagai atlet badminton begitu tinggi.

“Pressure atlet badminton tinggi banget. Ekspektasi masyarakat setinggi langit tapi nggak diimbangi sama dukungan, malah dibully habis-habisan sampai mentally drowned. Ribka salah satu korbannya. Capek secara mental karena menang atau kalah selalu dibully,” tulis seorang netizen.

Selain mendapatkan cacian, Ribka juga harus menahan sakit ketika bertanding. Bahkan selama bertahun-tahun ia harus bertahan dari acl (cedera lutut). Bahkan netizen menduga, Ribka juga tidak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

“Semoga bahagia terus Rib, dimanapun itu kamu berhak bahagia,” komentar netizen lainnya menanggapi kabar mundurnya Ribka dari PBSI.

Sebelumnya, pecinta badminton Indonesia juga bersedih setelah atlet bulu tangkis ganda putra Kevin Sanjaya ‘The Minion’, memutuskan gantung raket. Keputusan ini diambil Kevin karena cedera bahu yang dideritanya sejak 2017 tidak kunjung membaik.

Foto : PBSI