Sholat Tarawih Nabi Muhammad 8 Atau 11 Rakaat, Ya? Ini Jawaban Lengkapnya!

Jakarta, GPriority.co.id – Umat islam saat ini sedang berlomba-lomba melakukan amalan selama bulan Ramadhan. Salah satu amalan yang dilakukan selain berpuasa, yaitu sholat tarawih.

Sholat tarawih biasa dilakukan setelah sholat isya. Ada perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat sholat tarawih yang dilakukan umat muslim. Mulai dari 8 rakaat, 11 rakaat, hingga 23 rakaat.

Namun, berapakah jumlah rakaat sholat tarawih yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW?

Sebelumnya, simak dahulu hadis berikut ini :

وَعَنْهَا ، قَالَتْ : مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَزِيْدُ – فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ – عَلَى إحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً : يُصَلِّي أرْبَعاً فَلاَ تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّي أرْبَعاً فَلاَ تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاثاً. فَقُلتُ: يَا رسولَ اللهِ ، أتَنَامُ قَبْلَ أنْ تُوتِرَ؟ فَقَالَ: (( يَا عَائِشَة، إنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِي مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya : ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah (baik dalam bulan Ramadhan dan tidak pula pada bulan Lainnya) dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau tanyakan tentang bagus dan panjangnya rakaat tersebut. Kemudian beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau tanyakan bagusnya dan panjangnya rakaat tersebut. Lalu beliau shalat tiga rakaat. Maka aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum engkau melakukan witir?’ Beliau menjawab, ‘Wahai Aisyah, sesungguhnnya mataku tidur tetapi hatiku tidak.’” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 1147 dan Muslim, no. 738)’.

Dari hadis tersebut, dapat disimpulkan jika Nabi Muhammad SAW, melakukan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat dan ditambah dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Jadi, Nabi Muhammad SAW melakukan total sholat sebanyak 11 rakaat.

Adapun menurut sebuah riwayat, selama bulan Ramadhan, Rasulullah hanya menjalankan ibadah sholat tarawih di masjid sebanyak 3 kali. Selebihnya, beliau mengerjakannya dirumah.

Ini menandakan bahwa sholat tarawih, tidak wajib dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Tetapi bisa juga dilakukan dirumah atau dikerjakan sendirian.

Jika anda ingin menambah jumlah rakaat sholat tarawih, hal ini sangat diperbolehkan. Karena memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, merupakan suatu perbuatan mulia yang sangat disenangi Allah SWT.

Selain melaksanakan sholat tarawih dan witir, anda juga bisa bangun di sepertiga malam atau menjelang sahur, untuk melaksanakan sholat tahajud.

Memperbanyak tadarus dan beramal juga sangat disarankan di bulan Ramadhan, untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Menyiapkan sahur dan berbuka puasa, juga termasuk suatu amalan yang bernilai pahala di mata Allah SWT.

Foto : Freepik