Siap-Siap Gaji Dipotong 3 Persen Untuk Tappera

Jakarta,gpriority-Rumah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Hal inilah yang disadari betul oleh pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Untuk itulah pada Selasa (2/6/2020) Jokowi menandatangi peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tapera.

Tapera merupakan tabungan perumahan rakyat yang diperuntukkan bagi masyarakat pekerja baik PNS,TNI,Polri,BUMN,BUMD,pekerja swasta dan pekerja mandiri untuk pembiayaan perumahan.

Terkait apakah pekerja yang disebutkan tadi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu? Dalam PP tersebut disebutkan bahwa pemberi kerja diwajibkan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta, sementara pekerja mandiri harus mendaftarkan dirinya sendiri kepada BP Tapera untuk menjadi peserta.

Usai terdaftar maka peserta mandiri wajib membayar 3 persen untuk iuran setiap bulannya, sedangkan peserta untuk pekerja 0,5 persen ditanggung pemberi kerja dan 2,5 persen ditanggung pekerja.

Dalam aturan tersebut disebutkan pula bahwa pemberi kerja dan peserta mandiri wajib menyetorkan iuran simpanan ke rekening dana Tapera paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya dari bulan simpanan yang bersangkutan, jika tanggal 10 jatuh pada hari libur maka harus dibayarkan pada hari pertama setelah libur.

Namun jika peserta tidak membayar iuran maka statusnya dinon aktifkan dan baru akan berlaku jika peserta kembali melanjutkan pembayaran simpanan.(Hs)

Related posts