Tomohon Jadi Kota Toleransi Se-Indonesia

Tomohon,Gpriority- Kota Tomohon, Sulawesi Utara dinobatkan sebagai Kota Toleransi se-Indonesia, yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, Jum’at (19/11/21).

Hal tersebut dilakukan saat Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia, di Convention Hall Hotel Sutan Raja di Minahasa Utara.

Wapres menilai bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para founding fathers atau pendiri bangsa menumbuhkan nilai-nilai toleransi.

Kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, tak menghalangi para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan nasional.

Hal tersebut dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompok.

“Sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi,” tegas Wapres.

Ia pun menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya. (Dw.foto.dok.Humas Tomohon)

Related posts