Tuban Kembali Layani Pendaftaran Haji

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Jawa Timur kembali membuka layanan pendaftaran haji setelah sebelumnya ditutup karena PPKM Darurat.

Keputusan tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM level 4, 3 dan 2 di pulau Jawa dan Bali.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid mengatakan, PPKM Kabupaten Tuban masuk Level 2 sehungga pendaftaran haji mulai dibuka.

“Dalam Imendagri tertanggal 30 Agustus tersebut, Kabupaten Tuban masuk di level 2, sehingga memungkinkan pendaftaran haji dibuka kembali,” katanya, Selasa (31/08/2021).

Sahid pun meminta kepada pendaftar untuk tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat, yaitu mematuhi 5M 1D, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan tetap berdoa.

Berdasarkan edaran dari Kanwil Kemenag Jatim tertanggal 10 Agustus juga disebutkan pelayanan pendaftaran jemaah haji reguler pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota pada daerah yang berstatus Level 1 dan Level 2 dibelakukan pembatasan 50 % dari kapasitas ruang tunggu.

Saat pendaftaran, Kemenag hanya membatasi pendaftar 20 orang dan yang diperbolehkan masuk hanya pendaftar saja. Sedangkan, untuk pengantar hanya diperbolehkan menunggu di luar ruang.

Diketahui, jumlah pendaftar haji per 30 Agustus sebanyak 38.554, dengan masa tunggu 34 tahun. (Dwi.foto.dok Humas Tuban)

Related posts