Wisata Favorit di TMII Selama Pandemi

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan taman wisata bertemakan budaya yang berada di daerah Jakarta Timur. Beragam Anjungan Daerah yang mewakili suku bangsa di 33 Provinsi Indonesia ada disini, termasuk juga unit wisata keluarga.

Selama pandemi Covid-19, TMII sempat mengalami penutupan sementara setelah akhinya dibuka kembali untuk masyarakat umum. Humas TMII Adi Widodo ketika ditanya tempat favorit pengunjung, Ia mengatakan rata-rata hampir semua tempat wisata di TMII dikunjungi.

Namun bagi pengunjung yang memiliki tujuan khusus dan tidak memiliki banyak waktu, maka pihaknya mengarahkan untuk berkunjung ke Museum Indonesia.

“Museum Indonesia, bisa dibilang miniaturnya TMII. Disana juga kita gunakan untuk menerima tamu negara resmi baik itu kedutaan, biasanya kita ajak ke museum terlebih dahulu kemudin kita ajak keliling,” katanya, Kamis (30/09/21).

Museum Indoensia sendiri memiliki tiga laintai. Lantai 1 bertemakan Bhinneka Tunggal Ika yang menampilkan keanekaragaman pakaian adat dan pakaian pengantin. Lantai dua, bertemakan manusia dan lingkungan, sedangkan lantai 3 bertemakan seni dan kriya yang menampilkan hasil seni garapan dan seni ciptaan baru.

“Lantai tiga hasil karya kita yang kita anggap sesuatu yang patut kita banggakan, misalkan kris kemudian ada pohon kalpataru dan lain-lain,” tuturnya.

Kemudian untuk Anjungan, Ia mengatakan bahwa yang menjadi tempat favorit untuk berswafoto yaitu Anjungan Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan yang mempunyai rumah adat khas Suku Toraja yaitu Tongkonan.

Anjungan pada prinsipnya menurut Adi hampir semua memiliki pengunjungnya masing-masing. Sebab wisatawan biasanya akan berkunjung ke Anjungan Daerahnya sebagi tempat pertama, baru setelah itu mereka akan berkeliling ke tempat lain.

Adapun bagi pengunjung yang ingin berwisata ke TMII ada beberapa syarat yang harus di patuhi, diantaranya sudah melaksanakan vaksinasi, anak-anak berusia diatas 12 tahun dan sudah divaksin, memiliki aplikasi PeduliLindungi, dan wajib mematuhi protokol kesehatan. (Dwi.foto.dok.Pribadi)

Related posts