Basuki:Tol Cisumdawu Dipastikan Beroperasi Awal 2022

Guna melihat sudah sejauh mana progres pembangunan tol Cisumdawu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Kamis (30/9/2021) meninjau lokasi Tol Cisumdawu yang terletak di Interchange Cileunyi dan Lereng Dusun Bojongtotor.

Usai melakukan peninjauan, Basuki mengatakan tol Cisumdawu harus secepatnya diselesaikan, dikarenakan tol ini memiliki peranan penting dalam efektivitas operasional Bandara Kertajati,Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu Majakuning dan kawasan Rebana Jawa Barat.

Saat ditanya mengenai progres pembangunannya? Menteri Basuki menjelaskan untuk Tol Cisumdawu seksi 1 phase III yang terletak di Interchange Cileunyi progresnya sudah mencapai 89,10%, sedangkan untuk Lereng Dusun Bojongtotor progresnya masih 30%.

“ Kenapa seksi 1 yang dikebut terlebih dahulu, karena akan menghubungkan dengan jalan tol nasional,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga mengatakan bahwa di tol Cisumdawu seksi 1 dan 2 nantinya akan akan memiliki 8 jembatan, 13 overpass dan 8 underpass.

Menteri Basuki yakin dengan percepatan pembangunan yang dilakukan oleh Ditjen Bina Marga, awal tahun 2022, tol Cisumdawu bisa beroperasi.” Berdasarkan laporan dari Ditjen Bina Marga yang telah melakukan penambahan jumlah tenaga kerja dan alat-alat berat (crane, launcher, excavator, compactor, dump truck, paver). Kami optimistis untuk pekerjaan fisik seksi 1 dan seksi 2 dapat diselesaikan pada akhir tahun 2021 dan sudah bisa dipergunakan pada awal tahun 2022,” tutup Menteri Basuki.(Hs.Foto.Humas PUPR)

Related posts