3 Kunci Sukses Pelaksanaan Otonomi Daerah Ala Sekda Sultra

Surabaya, GPriority.co.id – Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. H Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, menyampaikan terdapat 3 kunci sukses dalam pelaksanaan otonomi daerah (otda). Pertama, kata Asrun Lio kepemimpinan Kepala Daerah baik itu Gubernur maupun Bupati atau Walikota, Kedua, lanjutnya terkait Kapasitas Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh perangkat daerah, seperti Kadis, karo, hingga Kaban.

Hal ini disampaikan Sekda Asrun Lio saat menghadiri malam pucak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII Tahun 2024, bertempat di Grand City Covention and Exhibition Surabaya, Kamis (25/4).

“Kunci sukses ketiga yakni partisipasi dan kontrol masyarakat,” ujar Asrun Lion.

Terkait kapasitas pemerintah daerah, Sekda Asrun Lio ini mengatakan dengan menerapkan kebijakan kepala daerah yang mampu diterjemahkan dan dilaksanakan oleh para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah. Jika tidak, maka akan mandek.

“Adapun terkait kontrol dan partisipasi masyarakat, dimana terdapat pemberian hak kepada masyarakat untuk ikut melihat kinerja pemerintah daerah, dalam melaksanakan program-programnya,” katanya.

Sementara itu, terkait tema Peringatan Hari Otda yang diusung oleh Kemendagri yakni “otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat”, Asrun Lio menuturkan tidak lepas dari penjabaran pesan Presiden RI, Jokowi, bahwa perubahan iklim bukan lagi ancaman, melainkan keadaan faktual yang kini tengah terjadi secara global.

“Dalam acara gala dinner Hari Otda Tahun 2024, ditampilkan juga pesan Presiden RI yang berbunyi bahwa : Kejadian langka seperti banjir besar yang terjadi di Uni Emirat Arab serta tornado yang menerjang Kawasan Sumedang dan Bandung, merupakan alarm peringatan bahwa kita perlu melanjutkan usaha-usaha transisi pengelolaan sumber daya berbasis ekonomi hijau,” pesan Presiden yang diungkapkan oleh Sekda Sultra.

Masih Sekda Sultra ini, Presiden RI Joko Widodo juga dalam acara Festival LIKE (Lingkungan, iklim, kehutanan dan energi EBT) road to COP28 UEA 2023 menegaskan, untuk berhati-hati terhadap ancaman perubahan iklim yang sudah nyata, dan sudah dirasakan semua negara di dunia. Suhu bumi yang semakin panas dan cuaca juga semakin panas, kekeringan ada dimana-mana bukan hanya di Indonesia saja.

“Untuk itu, Mendagri memilih tema peringatan hari Otda tahun ini yakni Otonomi daerah berkelanjutan, menuju ekonomi hijau dan kelestarian lingkungan, dalam rangka menindaklanjuti pesan dari Presiden RI,” ucapnya.

Foto: Pemprov Sultra