5 Jawara Liga Champions Eropa yang Wajib Diketahui

Sejak diperkenalkan pada tahun 1955. Liga Champions Eropa menjadi ajang paling bergengsi. Tak heran jika dalam setiap penyelenggaraannya, klub yang berpartisipasi selalu menampilkan skuad yang menawan. Dengan harapan bisa menjadi juara.

Bicara mengenai juara, Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) dua hari yang lalu merilis daftar klub yang menjadi juara Liga Champions terbanyak. Lalu klub mana saja yang yang menjadi langganan juara? Berikut 5 Klub pemegang Liga Champions terbanyak di Eropa.

1.Real Madrid-13 Kali
Klub asal Kota Madrid merupakan jawara di Liga Champions. Tercatat 13 gelar sudah mereka raih. Gelar pertama yang diraih Real Madrid terjadi pada tahun 1955, dimana Madrid pada saat itu berhasil mengalahkan klub asal Prancis Stade De Reims dengan skor 4-2. Sedangkan gelar terakhir diterima El Real (julukan Real Madrid) terjadi pada tahun 2018 dengan menaklukkan Liverpool dengan skor 3-1.

2.AC Milan-7 Kali
Urutan kedua ditempati AC Milan dengan perolehan gelar sebanyak 7 kali. Klub ini juga berhasil mencatatkan sejarah, karena mampu memenangkan gelar juara Liga Champions dua kali berturut pada tahun 1989 dan 1990. Gelar juara terakhir mereka raih pada tahun 2007.

3.Liverpool-6 Kali
Tahun 2005 jadi kenangan manis bagi Liverpool.Sebagai underdog, The Reds (julukan Liverpool) mampu menjuarai Liga Champions dengan menaklukkan juara bertahan AC Milan di Istambul Turki dengan adu penalti. Sedangkan gelar terakhir di raih pada tahun 2019, dimana The Reds berhasil menaklukkan sesama tim Premiere League Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

4.Bayer Muenchen -5 Kali
Sejarah pernah dicatat klub asal Jerman di Liga Champions Eropa. Mereka 3 kali secara berturut-turut (1974-76) berhasil memenangkan gelar paling bergengsi di ajang Eropa.

Muenchen juga menjadi klub yang paling sering masuk ke final. Total sudah 10 final Liga Champions yang sudah dicicipi, meskipun diantaranya harus puas menjadi runner up.

5.Barcelona-5 Kali
Barcelona adalah klub Spanyol kedua yang meraih juara di Liga Champions Eropa. Gelar pertama Barcelona terjadi pada tahun 1992 atau 37 tahun setelah ajang ini dimulai. Dan setelah itu mereka mulai dikenal sebagai salah satu klub yang merajai eropa terutama dari era 2000-an sampai sekarang.(Haris)

Related posts