Andika Dutha Bachari, Profesor Linguistik Forensik, Coming Soon!

Bandung-GPriority, Dr. Andika Dutha Bachari, S.Pd, M.Hum, bakal segera dikukuhkan kepakarannya sebagai Guru Besar Bahasa bidang kajian Linguistik Forensik.

Sebelum nantinya dia dikukuhkan sebagai Guru Besar, terlebih dulu, pada Rabu ( 8/7/2020) bakal digelar Sosialisasi Kepakaran Calon Guru Besar Dr. Andika Dutha Bachari, S.Pd, M.Hum, di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Jln.Dr. Setiabudhi 229, Bandung. Giat ini dapat diikutsaksikan melalui Aplikasi Meeting Zoom.

Linguist muda Andika Dutha Bachari bahkan baru-baru ini meraih penghargaan prestisius, yakni masuk TOP 500 Peneliti Indonesia Tahun 2020, di mana dari UPI ada 14 peneliti yang meraih penghargaan tersebut, salah satunya Andika Dutha Bachari.

Nama Andika Dutha Bachari belakangan ini kian moncer lantaran kiprahnya selain sebagai dosen bahasa di UPI dan di Sesko TNI AD, juga sebagai ahli bahasa di Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Dia aktif dalam menangani perkara-perkara bahasa yang terkait dengan giat gelar perkara penyidikan hukum.

Setelah berhasil meraih gelar Doktor dengan desertasi “Penerapan Wawancara Investigatif Dikaitkan Dengan Daya Bukti Berita Acara Pemeriksaan Perkara Pidana Dalam Sistem Peradilan Pidana di Indonesia”, Andika Dutha Bachari kini selangkah lagi segera dikukuhkan sebagai Guru Besar Bahasa dengan bidang kajian Linguistik Forensik, sebuah kajian yang sangat penting dalam konteks keindonesiaan di mana hoax dan ujaran kebencian lainnya yang kini menjamur di mana-mana.

Proses pemeriksaan perkara pidana di Indonesia, kata Andika, terlihat dengan jelas adanya persoalan kebahasaan yang muncul dan menghambat proses penegakan hukum. ” Jika dibiarkan, persoalan tersebut sangat berpotensi mengancam pemenuhan nilai keadilan bagi masyarakat Indonesia”, kata dia saat mempertahankan disertasinya dihadapan ketua sidang ujian promosi Doktor, Selasa, (21/8/ 2018) di Auditorium Sekolah Pascasarjana UPI, seperti dilansir berita.upi.edu.

Dr. Andika Dutha Bachari telah banyak menulis artikel kebahasaan dan karya hasil penelitian lainnya yang dimuat di media massa dan jurnal-jurnal ilmiah naaional maupun internasional.Tidak ada yang salah apabila dia kini masuk dalam barisan daftar nama-nama pakar bahasa seperti Prof. Bambang Kaswanti Purwo, Prof. E. Aminudin Aziz, dan banyak lagi. Prof. Andika, selamat berkarya di rimba bahasa.# ( Lukman A. Salendra, Wartawan Utama Tersertifikasi Dewan Pers)

Related posts