7 Klub Sepakbola Indonesia yang Dilarang Ganti Nama

Berubahnya nama Martapura FC menjadi Dewa United dan juga nama beberapa klub Liga 2 Indonesia membuat publik bertanya-tanya apakah semua klub bisa berganti nama setelah dibeli pemilik baru dan pindah homebase? Jawabannya tidak.

Dikutip dari laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Selasa (10/8/2021) ada 7 klub sepakbola Indonesia yang Dilarang PSSI untuk berganti nama. Adapun klub yang dimaksud adalah PSIM Yogyakarta, Persis Solo, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSM Madiun, dan PPSM Magelang.

” Yang menjadi alasan PSSI melarang 7 klub tersebut berganti nama dan Homebase meski sudah dibeli lisensinya karena mereka adalah pendiri PSSI,” jelas Mochammad Iriawan.

Lebih lanjut dikatakan Mochammad Iriawan, agar ke-7 klub tersebut tidak berganti nama maka PSSI telah mengaturnya dalam statuta PSSI Pasal 17 tentang Kewajiban Anggota PSSI poin G.” Sebagai penghargaan kepada 7 Klub Pendiri PSSI, yaitu PSIM Jogjakarta, Persis Solo, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSM Madiun, dan PPSM Magelang, maka ketujuh Klub tersebut wajib melindungi seluruh aset sepak bola mereka termasuk nama, logo, domisili dan warisan sepak bola lainnya di setiap waktu, dan tidak melakukan perubahan (pengurangan atau penambahan) hal-hal tersebut dengan alasan apapun dikemudian hari,” jelas Mochammad Iriawan.

Sekedar Informasi, PSSI lahir pada 19 April 1930 di Yogyakarta. Adapun klub yang membidani lahirnya PSSI adalah Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) atau sekarang lebih dikenal dengan Persija Jakarta, Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Persib Bandung),Perserikatan Sepakraga Mataram (PSIM Yogyakarta),Vortenlandsche Voetbal Bond (Persis Solo),Madioensche Voetbal Bond (PSM Madiun),Indonesische Voetbal Bond Magelang (PPSM Magelang) dan terakhir Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (Persebaya Surabaya)

Ke-7 klub tersebut bertemu untuk membentuk federasi yang menaungi klub sepakbola di Indonesia. Pembentukan sendiri disetujui oleh Pemerintah Belanda. Maka setelah pembentukan tersebut resmilah PSSI berdiri.(Hs.Foto dok PSSI)

Related posts