Wahai Pelajar Papua, Ini Daftar Hasil Seleksi Beasiswa Vokasi Jepang 2021

Sebanyak 90 pelajar asli Papua lulus dalam tahapan Tes Potensi Akademik (TPA) dalam Program Pendidikan Vokasi Jepang Tahun 2021.

Hal tersebut berdasarkan pengumuman Nomor: 422.519204/SET, tentang hasil TPA yang ditunjukkan kepada siswa-siswi asli Papua yang lulus agar mempersiapkan dirinya untuk mengikuti tes kesehatan.

“Tes Kesehatan akan dilakukan pada Senin, 23 Agustus 2021, pukul 09.00 sampai dengan selesai, di RS. TNI Angkatan Laut dr. Soedibjo Sardadi, Hatmadi – Jayapura,” tulisnya.

Diketahui, Beasiswa Diklat Vokasi Jepang 2021 ini merupakan program dari Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Papua, dalam rangka pengembangan tenaga keahlian di bidang pengelolaan sumberdaya alam.

Dengan adanya program ini tentunya membuka kesempatan bagi Orang Asli Papua (OAP) lulusan SMK/SMA atau sederajat untuk melanjutkan studi vokasi di jepang sebanyak 30 orang. Pembelajarannya terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusannya diharapkan dapat menjadi ahli madya dan bersertifikasi profesi pada bidang yang diminati, dan menjalin kerjasama dengan industri Jepang di tanah Papua dengan difasilitasi oleh BPSDM Papua.

Program ini memiliki 3 tahapan diklat yang dirancang selama 6 tahun diantanya, Pelatihan Persiapan Keberangkatan di Jayapura, Pendidikan Bahasa dan Budaya di Jepang dan Pendidikan Sekolah Tinggi Vokasi di Jepang.

Adapun fasilitas yang akan diterima selama menjalani beasiswa ini berupa biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan), tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥80.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas.

Informasi lebih lanjut mengenai program ini dan daftar nama pelajar yang lulus, bisa mengunjungi website https://beasiswajepang.bpsdm.papua.go.id/ atau instagram @pemprovpapua. (Dwi, foto istimewa)

Related posts