7 Tradisi Lebaran di Indonesia, Nomor 6 Paling Dinanti Oleh Anak Kecil!

Jakarta, GPriority.co.id – Hari Raya Idulfitri atau Lebaran, akan datang esok hari. Bukan hanya sekedar momen berkumpul dengan keluarga, ternyata lebaran sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu kala. Meski di berbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi lebaran yang berbeda-beda, namun ada 7 tradisi lebaran yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Apa saja ya kira-kira? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Membeli baju baru

Bagi sebagian orang, menyambut lebaran pasti dengan hal-hal baru, salah satunya adalah dengan memiliki baju baru. Itulah mengapa, banyak pusat perbelanjaan yang memberikan diskon besar-besaran. Mulai dari toko pakaian hingga sepatu di mana pun, pasti dipenuhi pembeli. Tradisi ini juga bisa dilakukan dengan berbelanja online. Sudahkah anda membeli baju baru untuk seragam lebaran di tahun ini?

2. Mudik ke kampung halaman

Libur lebaran rupanya menjadi waktu yang tepat bagi para perantau untuk mudik dan berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman. Tradisi ini sudah melekat sejak lama di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak juga dari mereka yang telah memesan tiket pesawat dan kereta api, sebulan sebelum hari lebaran.

3. Halal bihalal

Tradisi berkumpul bersama keluarga, saudara, tetangga, atau sahabat dikenal dengan istilah halalbihalal. Saat berkunjung, biasanya momen ini juga digunakan untuk sungkeman atau menyapa orang yang lebih tua sebagai bentuk rasa hormat dan juga saling memaafkan.

4. Membuat dan memakan kue khas lebaran

Siapa yang tidak suka nastar? Kue ini adalah salah satu kue lebaran yang paling banyak dicari. Kue ini identik dengan isian selai nanas yang akan meleleh di dalam mulut anda. Selain nastar, putri salju, atau kastengel juga biasanya menjadi pilihan kue yang dihidangkan di meja saat tamu berkunjung kala lebaran.

5. Makan makanan khas lebaran, penuh santan!

Usai Sholat Idul Fitri, biasanya langsung makan ketupat dan opor ayam. Selain itu, biasanya juga terdapat semur, rendang, dan kerupuk udang di sampingnya. Sudah kebayang enaknya, kan?

6. Bagi-bagi angpao lebaran (THR)

Pembagian THR atau bagi-bagi angpao lebaran, adalah salah satu tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Meski pada awalnya hal ini ditujukan sebagai tunjangan perusahaan bagi karyawannya, namun hal ini juga sudah menjadi tradisi di keluarga.

Momen ini paling ditunggu oleh anak kecil di keluarga besar. Orang dewasa yang sudah bekerja atau sudah menikah, akan memberikan angpao lebaran/amplop THR berupa uang jajan kepada anak-anak.

7. Kirim-kirim Hampers ke sahabat atau orang terkasih

Tradisi mengirim hampers merupakan pengembangan dari parsel. Hampers biasanya diartikan sebagai hadiah yang lebih personal dan kreatif seperti hadiah Hari Raya. Selain sebagai oleh-oleh, hampers juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga silaturahmi.

Foto : Bayut