Alishter Perkenalkan Perlakuan Pestisida ke Petani Polman

Polman,GPriority.co.id— Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alisther) bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar pelatihan dan perkenalkan penindakan pestisida kepada petani.

Kegiatan yang digelar dengn tema “Training of User Pestisida Terbatas” digelar di lapangan Desa Bumi Ayu Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman – Sulbar, Selasa, 28 Februari 2023.

Kegiatan Training of User, dihadiri sekitar 300 an orang Petani yang terdiri dari beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Polman.

Lancarnya kegiatan ini, pihak Alishter menghadirkan beberapa narasumber dari Instansi terkait yang membidangi, antaranya Kadis Pertanian Kabupaten Polman yang diwakili Koordinator penyuluh BPP Idrus Hamdani Sp. staff Dinas Kesehatan dari Kabupaten Polman dan Ketua Alishter Pusat Mulyadi Benteng Sp.

Kegiatan para Petani ini juga Disaksikan sejumlah pejabat Desa Bumi Ayu, Bhabinkamtibmas dari Kepolisian dan Bhabinsa dari TNI.

Training of User memaparkan 3 materi terkemuka terkait Pestisida, ketiga topik ini adalah, (1) Peyemprotan yang aman dan Efektif, Pemeliharaan Sprayer dan Teori Kalibrasi. (2) Pencegahan Keracunan pestisida dan prosedur pertolongan darurat. (3) Proses pendaftaran dan ijin Pestisida.

Dalam pemaparan materi ini, pihak Alishter membagi 3 kelompok Petani, masing masing kelompok terdiri dari se 100 orang petani peserta training, peserta Training antusias menerina materi, sesekali pembawaan Materi diwarnai dengan pertanyaan yang mendasar dari Petani.

Seperti halnya Subhan (45) salah seorang petani dari Kelompok Tani Margo Catur di Desa Bumi Ayu, Ia mengatakan 3 materi yang disampaikan pihak Instansi terkait ini adalah kejadian kejadian yang memang kerap terjadi di kalangan Petani

“Ini sangat bagus dan itu memberikan pemahaman kepada kami sebagai kaum petani, bagimana bersikap dan memanfaatkan Pestisida dengan baik dan terukur” ungkap Subhan.

Mulyadi Benteng, Sp. Ketua Alishter Pusat, usai pemaparan materi mengatakan, kita berharap pelatihan ini mampu memberikan pemahaman kepada Petani terkait pentingnya perlakukan Pestisida dengan baik dan terukur.

“Jadi kita berharap, melalui kegiatan ini, para Petani mampu memanfaatkan dan mengetahui peran pestisida dalam usaha Pertanian, demi untuk kelangsungan hidup tumbuhan, keseimbangan ekosistem dan terciptanya lingkungan sekitar yang sehat” ungkap Mulyadi Benteng.

Training of User ini, sedianya dilakukan di 3 Kabupaten Kota di Sulselbar, Desa Bumi Ayu Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewqli Mandar mewakili kegiatan Alisther di Provinsi Sulawesi Barat. Sementara untuk Provinsi Sulsel juga akan digelar di Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Tana Toraja akan datang.

Diketahui Alisther tersebar di 72 Kabupaten / Kota dan menyebar di 22 Provinsi di Indonesia. Tercatat sekitar 54 Perusahaan Pestisida tergabung dalam keanggotaan Alisther.

Abd. Gany, Ketua Alisther Sulawesi selatan mengatakan, kehadiran Alisther ditengah masyarakat Petani saling melengkapi, itu dikarenakan Petani yang merupakan pejuang pangan masyarakat Indonesia, Peran Alisther memberikan terus berbagi pengetahuan terkait kesehatan dan penggunaan pestisida secara baik dan terpadu, ungkap Alumni Pertanian ini. (Ae.Foto: Ae)