APKASI Terus Tingkatkan Mutu Guru dan SDM Daerah

Jakarta, GPriority.co.id – Kualitas SDM menjadi hal yang sangat mendasar untuk kemajuan bangsa maupun daerah di masa yang akan datang. Terkait dengan itu dalam salah satu sesi di ajang Sosialisasi Membangun Kemitraan Pemerintah Daerah dan Kampus Melalui Program Dana Hibah Kedaireka 1-2 Triliun Tahun 2023, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) juga menekankan pentingnya program peningkatan mutu guru dan SDM daerah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) APKASI Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan, kualitas SDM menjadi hal yang sangat mendasar untuk kemajuan bangsa maupun daerah di masa yang akan datang. Menurut Adnan yang juga Bupati Gowa, kualitas SDM sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan fondasi kuat ditengah sengitnya persaingan global. “Apalagi, saat ini, kita terus menghadapi dunia yang sangat dinamis, penuh resiko dan sangat kompetitif,” ujarnya. Atas dasar itu, Adnan berharap program Program Dana Hibah Kedaireka 1-2 Triliun Tahun 2023 dari Kemdikbudristek dapat membangun SDM secara merata melalui pendidikan yang berkualitas.

Sementara itu, dalam sesi diskusi panel ‘Sosialisasi Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Daerah,’ dibahas terkait peran Apkasi serta program unggulan bidang pendidikan yang dimiliki Apkasi serta berbagai potensi yang dapat dikolaborasikan daerah dengan perguruan tinggi melalui platform Kedaireka. Staf Apkasi Bidang Pendidikan TOLLAAL Badru, mengatakan, “Apkasi bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara memiliki beberapa program unggulan yang dapat dikolaborasikan dengan daerah dalam upaya peningkatan mutu guru dan SDM daerah melalui Program Smart Mathematic, English Cepat, dan Smart Teaching,” ujarnya. Program Smart Mathematic dan English Cepat tersebut menurutnya dikemas dengan menyenangkan. “Jadi kalau selama ini pelajaran matematika dan bahasa inggris terkesan menjemukan, kita rubah menjadi menyenangkan sehingga anak-anak tertarik dan dan dapat mengikutinya. Itu target kita,” pungkasnya.

APKASI sendiri memandang penting program peningkatan mutu guru dan SDM daerah yang dikemas secara kreatif dan inovatif untuk mendukung kecakapan guru dan SDM daerah. Tujuannya, agar mereka dalam mengajar menyenangkan, maupun berkomunikasi aktif berbahasa Inggris dalam berbagai kegiatan. Dengan begitu akan tercipta peningkatan kompetensi guru maupun SDM aparatur pemerintah daerah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan guru maupun SDM aparatur dalam membangun daerah. Berdasarkan data APKASI, sejak diluncurkan pada tahun 2011, program ini telah melatih lebih dari 160.000 guru pada 180 kabupaten di seluruh Indonesia. (PS)

Related posts