Arsjad Rasjid Resmi Menjadi Ketua Bidang Dewan Masjid Indonesia

Jakarta, GPriority.co.id – Arsjad Rasjid, pengusaha kondang dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, resmi dilantik sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Penataan Akustik Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk periode 2024-2029 pada Rabu (26/6).

Pengangkatan ini diharapkan membawa angin segar bagi pengembangan masjid di Indonesia, khususnya dalam aspek ekonomi dan akustik.

Arsjad menyoroti peran strategis masjid dalam ekonomi syariah.

Menurutnya, masjid memiliki peran penting dalam sejarah peradaban Islam, tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai pusat pendidikan, dakwah, budaya, dan pengembangan ekonomi umat.

“Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar kedua di dunia, memiliki lebih dari 800 ribu masjid, menjadikannya negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia,” ujar Arsjad Rasjid.

Arsjad mengatakan peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi dapat turut berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Banyak masjid yang tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga pusat pendidikan agama, pusat ekonomi syariah, dan pemberdayaan UMKM. Ini menunjukkan bahwa masjid memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan umat,” ujarnya.

Salah satu program utama yang akan digagas Arsjad Rasjid adalah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis masjid. Ia ingin masjid menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka dan mendapatkan akses permodalan.

Selain itu, Arsjad Rasjid juga akan fokus pada penataan akustik masjid agar ibadah umat semakin nyaman.

Ia ingin masjid-masjid di Indonesia dilengkapi dengan sound system yang berkualitas sehingga jamaah dapat mendengarkan khotbah dan lantunan ayat suci Al-Quran dengan jelas.

“Pada periode lalu, DMI telah memperbaiki sistem audio di lebih dari 80.000 masjid di seluruh Indonesia. Insya Allah, upaya ini akan terus dilanjutkan dalam rangka meningkatkan syiar Islam dan peran masjid,” ujarnya.

Pengangkatan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Penataan Akustik DMI diharapkan dapat menjadi titik balik bagi masjid di Indonesia. Dengan kepemimpinan yang baru dan visi yang jelas, diharapkan masjid dapat menjadi tempat yang lebih bermanfaat bagi umat dan masyarakat luas.

Foto: arsjadrasjid.com