Arus Balik Pelabuhan Nusantara Parepare Capai Dua Puluh Ribu Lebih Penumpang

Parepare, GPriority.co.id – Hingga H + 5 (Senin, 15 April 2024) Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah / 2024 Masehi Arus balik di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare (salah santu pintu masuk di wilayah Sulawesi selatan) mencapai angka 20 ribuan lebih penumpang balik ke wilayah Pulau Kalimantan. Jumlah puluhan ribu orang itu, akan kembali ke tempat kerja masing masing.

Data yang dihimpun dari Posko Lebaran Idul Fitri di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, ada 4 armada kapal swasta yang berangkat sejak Sabtu, 13 April 2024, Armada pelayaran Swasta itu antara lain, KM.Thalia. bertolak dari Parepare – Nunukan, KM.Gueen Soya. dari Parepare – Samarinda.

Sedangkan pada Minggu, 14 April 2024. Pihal KSOP juga memberangkatkan KM.ADITYA rute Parepare – Sanarinda, dengan jumlah penumpang 2.536 Orang. Sehingga Akumulasi penumpang yang balik melalui Pelabuhan Nusantara Kota Parepare mencapai 20.758 Orang.

Humas KSOP Kota Parepare Eko Prasetyo, mengatakan tingkat kepulangan penumpang, khususnya yang menggunakan kapal laut, terbilang tidak terlalu besar di banding tahun lalu, kepadatanya pun juga berkurang, itu dikarenakan Aramada kapal yang disediakan cukup banyak, dari 12 Armada yang siaga selama ini, menjadi 16 Armada, sehingga Penumpang banyak.pilihan untuk balik ke tempat kerja masing masing, ungkap Eko Prasetyo.

Diketahui Pemudik via pelabuhan Nusantara Kota Parepare itu, kebanyakan dari Wilayah Kabupaten Bone, Sinjai, Enrekang, Toraja Bulukumba dan sejumlah wilayah di Sulsel dengan tujuan sejumlah Kabupaten kota di Kalimantan, seperti Nunukan, Tarakan, Samarinda, Balikpapan, Bontang dan lainnya.

Foto : Agustin Effendy