ASN, TNI, Polri, Resmi Naik Gaji? Ini Kata Jokowi

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menuturkan kenaikan gaji ASN, TNI, Polri, akan cair per-Januari 2024 ini. Bahkan pihak Kementrian Keuangan sendiri telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp52 Triliun untuk kebijakan tersebut.

Namun, menanggapi hal tersebut Presiden Jokowi menegaskan bahwa kenaikan gaji bagi para ASN, TNI, dan Polri akan dilalui dengan proses perhitungan dan pertimbangan yang matang berdasarkan situasi perekonomian negara saat ini.

Hal tersebut dituturkan langsung oleh Jokowi dalam acara peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol Limo Utama, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Senin (8/1) kemarin.

“Ya situasi fiskal (pajak dan pendapatan negara) kita, situasi ekonomi kan berbeda-beda. Kita memutuskan menaikan atau tidak menaikan semuanya pasti dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang,” ucap Jokowi.

Pertimbangan lain Presiden Jokowi dalam kebijakan kenaikan gaji ASN, TNI, dan Polri adalah pandemi COVID-19. Kebijakan kenaikan gaji ini akan terealisasi ketika perhitungan dan kalkulasi pemerintah dirasa cukup.

Presiden juga menyebut bahwa peraturan terkait kenaikan gaji tersebut akan segera diterbitkan.

“Ya secepatnya, secepatnya akan keluar. Saya harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, daya beli, dan juga berimbas kepada perekonomian,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah mengumumkan bahwa akan ada kenaikan gaji untuk ASN sebesar delapan persen. Kemudian 12 persen untuk pensiunan.

Foto : Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi