Atlet Renang Indonesia Resmi Lolos ke Olimpiade 2024

Jakarta, gpriority.co.id – Dua atlet renang Indonesia, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani, resmi lolos ke Olimpiade 2024. Keduanya berhasil mendapatkan tempat melalui kuota Universality Place. Kepastian ini diumumkan oleh akun Instagram National Olympic Committee (NOC) Indonesia pada Senin (1/7).

“Indonesia kembali menambah jumlah kontingen di Olimpiade Paris 2024, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani menjadi wakil Indonesia dari cabang olahraga renang melalui kuota Universality Place,” tulis NOC Indonesia di Instagram.

Bagi Azzahra, ini adalah Olimpiade keduanya setelah sebelumnya berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020, di mana ia tampil di nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putri.

Kuota universality places atau unqualified athletes adalah sistem kualifikasi yang diterapkan oleh federasi olahraga internasional. Sistem ini memungkinkan National Olympic Committee (NOC) dari negara yang tidak berhasil meloloskan atletnya ke salah satu cabang olahraga Olimpiade untuk mengajukan satu atlet putra dan putri dengan peringkat tertinggi.

Dengan kepastian lolosnya Joe dan Azzahra ke Olimpiade, Indonesia kini memiliki 29 atlet yang akan tampil pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Jumlah ini sudah melampaui jumlah atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 yang berjumlah 28 atlet.

Foto: Instagram NOC.Indonesia