Kaesang Pangarep Hampir Dipastikan Penuhi Syarat untuk Maju di Pilgub 2024

Jakarta, gpriority.co.id – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, hampir dipastikan dapat menjadi peserta Pilgub 2024.

Kepastian ini didasarkan pada pernyataan Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengenai jadwal pelantikan dan syarat usia calon kepala daerah.

Dalam pernyataan tertulisnya dilansir pada Senin (1/7), Hasyim menyatakan bahwa pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2024 akan digelar pada 1 Januari 2025. Pada tanggal tersebut, calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik harus sudah genap berusia 30 tahun.

“Terpenuhinya syarat usia calon harus telah genap berusia 25 tahun bagi calon bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota, dan harus sudah genap berusia 30 tahun bagi calon gubernur dan wakil gubernur, pada tanggal 1 Januari 2025,” kata Hasyim.

Berdasarkan pernyataan Hasyim tersebut, Kaesang telah memenuhi syarat usia calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada serentak 2024. Kaesang akan berusia 30 tahun 7 hari pada 1 Januari 2025, karena ia genap berusia 30 tahun pada 25 Desember 2024.

Pernyataan Hasyim ini merupakan kesimpulan dari tiga kerangka hukum yang menjadi acuan KPU.

Kerangka hukum pertama adalah amar Putusan MA No. 23 P/HUM/2024 angka 2, yang menyebut usia cagub dan cawagub paling rendah berusia 30 tahun terhitung sejak pelantikan pasangan calon terpilih. Kerangka hukum kedua didasarkan pada ketentuan tentang Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020 dalam UU Pilkada, di mana AMJ kepala daerah hasil Pilkada 2020 jatuh pada 2024. Kerangka hukum ketiga berkaitan dengan pelantikan serentak yang diatur dalam UU Pilkada.

Dari tiga kerangka hukum tersebut, KPU memaparkan empat analisis. Pertama, Pilkada terakhir adalah Pilkada 2020. Kedua, akhir masa jabatan kepala daerah hasil Pilkada terakhir jatuh pada 31 Desember 2024.

“Sebagai konsekuensi hukum dari angka 1 dan 2 tersebut, maka pelantikan serentak harus dijadwalkan pada tanggal 1 Januari 2025,” ujar Hasyim.

Jadwal dan tata cara pelantikan serentak akan diatur dengan Peraturan Presiden. KPU juga menarik kesimpulan terkait syarat usia calon kepala daerah, baik calon bupati, wali kota, maupun gubernur. Usia calon harus telah genap berusia 25 tahun bagi calon bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota pada 1 Januari 2025, sementara untuk calon gubernur dan wakil gubernur harus sudah genap berusia 30 tahun pada tanggal tersebut.

Foto: Instagram @kaesangp