Konten Video di Spotify Tumbuh 39% pada 2024

Jakarta, gpriority.co.id – Spotify yang sebelumnya hanya menyediakan konten audio kini telah mulai menyediakan konten video. Salah satu kategori konten video yang sedang bertumbuh pesat di Spotify adalah podcast video. Format ini semakin populer dan terbukti mampu meningkatkan retensi penonton.

Pada tahun 2024, Spotify menawarkan 250.000 podcast video, meningkat signifikan dari 100.000 pada tahun 2023. Podcast video memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan format tradisional, berkat pengalaman visual yang lebih kaya.

Data menunjukkan bahwa podcast video di Spotify mengalami pertumbuhan sebesar 39% per tahun dalam jumlah tayangan. Selain itu, jumlah kreator yang menggunakan format ini juga meningkat sebesar 70% per tahun.

Menariknya, berdasarkan data Spotify untuk wilayah Amerika, hampir dua pertiga publik lebih suka podcast video dibandingkan format audio. Untuk itu, Spotify kini mendorong lebih banyak konten podcast video bagi penggunanya.

Tentunya, ini juga menimbulkan pertanyaan apakah konten video podcast Spotify bisa melampaui YouTube di masa depan.

Di sisi lain, para konten kreator tentunya akan melihat dari sisi monetisasi yang lebih menjanjikan dari semua platform, mana yang lebih memberi keuntungan lebih tinggi, tak sekedar angka view yang lebih banyak.

Foto: Spotify