Bejiharjo Kebagian Dana Keistimewaan dari Pemprov DIY

Yogyakarta,Gpriority-Untuk membangun pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa, Gubernur DIY,Sri Sultan Hamengku Bowono X memberikan dana keistimewaan terhadap desa-desa yang ada di Yogyakarta.

“ Setelah dilakukan verifikasi yang sangat ketat, Pemerintah Provinsi Yogyakarta pada tahun ini akan memberikan bantuan dana keistimewaan kepada 5 Desa termasuk Bejiharjo, Gunung Kidul. Masing-masing desa akan diberikan uang sebesar Rp.1 Miliar,” ucap Sri Sultan Hamengku Buwono X dikutip dari jogjaprov.go.id,Jumat (5/3/2021).

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY,Singgih Raharjo dikutip dari jogjaprov.go.id,Sabtu (6/3/2021), Desa Bejiharjo dipilih dikarenakan sudah termasuk ke dalam desa mandiri budaya, desa wisata dan desa prima.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin (15/3/2021), Yanto,Direktur Bumdes Maju Mandiri Bejiharjo membenarkan bahwa desanya mendapat bantuan dana keistimewaan sebesar Rp.1 Miliar.

“ Betul mas , dan jika sukses mengelola dana tersebut, di tahun berikutnya jumlahnya akan ditambah,” ucap Yanto.

Menurut Yanto, dana tersebut akan digunakan untuk pembuatan wisata pemandian alam di Sungai umbul Beji,pengembangan Bejihardjo edupark,membina desa prima,membangun ekonomi kreatif di Bejiharjo, peningkatan pertanian serta pengembangan budaya seperti reog dan jathil.

Yanto berharap pemberian dana keistimewaan ini juga dibarengi dengan pengendoran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan daerahnya masing-masing, sehingga peningkatan kapasitas jumlah wisatawan yang hingga saat ini dibatasi sebesar25% bisa semakin meningkat. Dengan adanya peningkatan ini dapat dipastikan perekonomian masyarakat Bejiharjo semakin meningkat,mengingat di Bejiharjo sudah ada satu destinasi wisata yang cukup terkenal seperti Goa Pindul.(Hs.Foto.dok.GP)

Related posts