Cegah Kerumunan, MUI Sarankan Shalat Idul Fitri di Rumah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan kepada masyarakat untuk menjalankan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19 di rumah bersama dengan keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan saat konferensi pers secara virtual di kanal Youtube BNPB, Jumat (23/4/2021).

Amirsyah mengatakan shalat Idul Fitri di lapangan atau masjid berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga rentan terjadi penularan virus Covid-19.

“Shalat Idul Fitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, karena akan menimbulkan kelompok harus kita lebih utamakan keselamatan, supaya tidak menimbulkan penularan klaster baru baru,” katanya.

Hal tersebut berlaku terutama untuk masyarakat yang berada di daerah yang dinyatakan Satgas Penanganan COVID-19 sebagai zona merah, daerah dengan potensi penularan tinggi.

Selain itu juga Amirsyah mengatakan, silaturahmi saat Lebaran dapat dilakukan secara virtual tanpa harus bertemu langsung dengan anggota keluarga.

Menurutnya langkah tersebut akan lebih meningkatkan suasana yang hangat di tengah-tengah keluarga, dan terhindar dari kerumunan di tengah-tengah masyarakat.

Amirsyah menuturkan, Ramadhan tahun ini harus dijadikan kesempatan untuk menurunkan penyebaran Covid-19. Ia mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di India merupakan pelajaran yang harus diambil hikmahnya oleh Indonesia.

Selain itu ia juga mengatakan pemerintah harus terus melakukan peningkatan intensitas vaksinasi sehingga cakupan vaksinasi yang 70 persen bisa dicapai.(Dwi)

Related posts