Cetak Sejarah Baru! FIFA Perketat Hak Perlindungan Bagi Pemain dan Pelatih Sepak Bola Wanita

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam keputusan bersejarah yang diambil pada Jumat (31 Mei), badan administratif sepak bola dunia – FIFA memberikan dukungannya kepada pemain dan pelatih wanita. FIFA akan menerapkan perubahan Peraturan Status dan Transfer Pemain (RSTP) yang mulai berlaku pada 1 Juni 2024. Perubahan ini akan memperluas hak dan perlindungan terhadap pemain dan pelatih sepakbola wanita.

“FIFA berkomitmen untuk menerapkan kerangka peraturan dinamis yang masuk akal dan sesuai dengan meningkatnya kebutuhan pemain dan pelatih wanita,” kata Chief Legal & Compliance Officer FIFA Emilio García Silvero.

“Agar permainan ini dapat berkembang lebih jauh, sangat penting bagi kami untuk melakukan pendekatan holistik terhadap kesejahteraan pemain, termasuk aspek hukumnya,” lanjut Silvero.

Selain itu FIFA juga akan fokus pada faktor fisik dan psikologis para pemain dan pelatih wanita, terutama jika mereka tidak mampu bertanding jika sedang menstruasi atau mengalami kondisi medis yang berkaitan dengan kehamilan. Para anggota asosiasi FIFA juga akan didorong untuk mengizinkan pemain wanita melakukan kontak dengan keluarga mereka saat bermain, atau pada saat menjalankan tugas internasional.

FIFA sebelumnya juga telah melakukan pembicaraan dengan para pemangku kepentingan dan serangkaian reformasi penting. Hal ini dilakukan untuk lebih melindungi kepentingan pemain dan pelatih sepakbola wanita.

Peraturan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni dengan adanya perubahan pada RSTP. Menurut Chief Football Women’s Officer FIFA Dame Sarai Bareman, pemain kini menjadi pemangku kepentingan sesungguhnya.

“Ini adalah langkah besar untuk benar-benar menormalkan kehidupan yang kita jalani sebagai perempuan. Itulah yang ingin kami berikan sekarang di setiap level, level klub, level tim nasional. Ini kesempatan bagi pemain sepakbola wanita profesional untuk memiliki kesempatan menjadi ibu,” ungkap Jill Ellis, yang memimpin Kelompok Studi Teknis FIFA di Piala Dunia Wanita FIFA 2023 dan melatih AS meraih gelar Piala Dunia Wanita pada tahun 2015 dan 2019.

Foto : FIFA