Dukung Sumatera Barat untuk Kembangkan Ekosistem Halal

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: dok.Kemenparekaf

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam pelaksanaan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Padang, Sumatera Barat, diharapkan bisa menjadi momentum dalam pengembangan ekosistem halal di Indonesia.

Hal itu diungkap oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengharapkan ekosistem halal khususnya di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kami akan mendukung Sumatra Barat untuk mengembangkan ini karena harapannya ekosistem (ekonomi) halal dunia bisa ditopang oleh Sumatra Barat, khususnya Kota Padang,” kata Sandiaga dalam keterangan Kemenparekraf (8/9).

Sandiaga mengungkapkan, Sumatera Barat telah memiliki citra yang kuat dan dinilai sebagai destinasi wisata halal di Indonesia bahkan oleh dunia.

“Sumatra Barat telah terpilih sebagai _world’s best halal culinary destination_. Oleh karena itu, WIES 2023 digelar untuk memperkuat ekosistem bisnis dunia, jaringan pariwisata, dan pengembangan UMKM halal,” katanya.

Tak hanya itu, dalam sejarahnya, para pengusaha muslim juga berkontribusi lewat konsep perdagangan yang adil demi kesejahteraan bersama.

“Sehingga, para wirausahawan muslim harus mampu beradaptasi dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan akarnya,” kata Sandiaga.