Elkan Baggott: Darah Indonesia Lebih Kuat Dibandingkan Thailand dan Inggris

Lahir di Thailand, punya ayah yang berasal dari Inggris serta memiliki karir sangat cerah di kompetisi U-18 Liga Inggris, membuat pemain yang berasal dari Ipswich Town U-18 menjadi rebutan Timnas Thailand dan juga Inggris. Namun bukan salah satu dari dua negara itu yang dipilih untuk dibelanya, Elkan Baggott justru memilih Timnas Indonesia.

“ Darah Indonesia yang berasal dari ibu saya mengalir begitu kuat, untuk itulah begitu pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong memanggil, tanpa berpikir panjang lagi saya langsung terbang ke Jakarta mengikuti Training Camp (TC) Timnas,” ujar Elkan Baggot.

Sayangnya kebersamaan pemain berusia 17 tahun bersama Timnas U-19 hanya seumur jagung. Pasalnya izin yang diajukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ke Ipswich Town habis. Meski singkat, Elkan Baggott mengungkapkan kesan positifnya kepada pelatih dan rekannya di Timnas U-19. “ Shin Tae-yong merupakan pelatih hebat,karakter dan berkualitas. Bersama Timnas Korea, Shin pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia. Beruntung saya bisa dilatih olehnya walaupun hanya sebentar. Saya juga beruntung memiliki rekan-rekan yang baik di timnas, meskipun mereka lebih berpengalaman, karena pernah membela Timnas Indonesia di berbagai usia, mereka tidak sombong. Dan mau membimbing saya,” tegas Elkan.

Elkan Baggot yang berposisi sebagai bek, berharap Shin Tae-yong mau memilihnya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 baik di Piala Asia U-19 maupun Piala Dunia 2020.” Jika terpilih, saya berjanji akan bermain sekuat tenaga,” kata Elkan.

Biografi Elkan Baggot
Elkan Baggot itulah nama yang diberikan oleh sang ayah ketika ibunya yang berasal dari Indonesia melahirkannya di Thailand pada 23 Oktober 2020. Setelah melahirkan, ayahnya yang memiliki kewarganegaraan Inggris membawa Elkan kembali ke Indonesia.

Tahun 2011, Elkan beserta keluarganya memutuskan untuk kembali ke negara sang ayah, Inggris. Di Inggris, Elkan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bergabung dengan akademi sepakbola di sekitar rumahnya. Bakat yang dimiliki oleh Elkan terpantau oleh pencari bakat Ipswich Town, di tahun 2017 mereka menawari Elkan beasiswa Professional Development Phase Scholarship. Beasiswa ini pun langsung diterima oleh Elkan. Setelah melakukan penandatangan, Elkan pun resmi di terima di Akademi Sepakbola Ipswich Town.

Rajin berlatih dan memiliki skil yang sangat baik membuat Elkan yang berposisi sebagai bek tengah ditarik ke Ipswich Town U-18 yang bermain di Premiere League U-18 divisi dua.

Di Ipswich Town U-18, Elkan yang memiliki postur menjulang 194 cm, selalu tampil apik. Sebagai bek tengah, ia selalu disiplin menjaga pertahanan Ipswich. Tak hanya itu kemampuannya dalam mencetak gol saat dilakukan tendangan sudut atau bebas membuat sang pelatih selalu menempatkannya di starter utama.(Haris)

Related posts