Kerito Surong, Permainan Tradisional Bangka Belitung Yang Jadi Warisan Budaya

Tak hanya kaya akan beragam kuliner dan tempat wisata, Bangka Belitung juga memiliki permainan tradisional yang unik dan berbeda. Salah satunya dinamakan Kerito Surong. Kerito Surong merupakan salah satu karya budaya dari Provinsi Bangka Belitung yang telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada 2015.

Persebaran permainan Kerito Surong terjadi di seluruh pelosok Pulau Bangka, terutama di Kabupaten Bangka Tengah. Di kabupaten ini, permainan Kerito Surong berkembang di Desa Sungai Selan, Desa Namang, Desa Simpang Katis, Desa Dul, dan desa-desa yang umumnya masih menggunakan alat angkutan tradisional berupa Kerito Surong.

Permainan tradisional ini memang begitu menarik, sebab kita bisa melihat adu ketangkasan, kecepatan, keseimbangan dan juga keterampilan. Tidak hanya itu, dalam permainan ini juga terkandung sebuah pesan kebersamaan dari masyarakat.

Dalam permainan tradisional kerito surong semua bahan bakunya terbuat dari kayu, mulai dari tuas dorong hingga roda semuanya berbahan kayu. Pada zamannya kerito surong merupakan permainan yang sangat mengasyikkan.

Kerito surong juga bisa dimasukkan ke dalam agenda wisata budaya yang mampu menarik minat wisatawan berkunjung. Pemerintah dapat menjadikan permainan ini ke dalam agenda tahunan agar dapat menarik minat wisatawan dan juga sebagai bukti bahwa masyarakat daerah sangat mencintai tradisi dan budayanya. (VIA)

Related posts